:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Sunday, December 14, 2014

 Gubraakk!!! Gue baru sadar ternyata sudah 7 hari gue  tidak lagi posting di blog kesayangan gue ini. I'm so sorry beiby :'). Ada sesuatu yang ingin gue curahkan melalui serangkaian kata-kata ini untuk selanjutnya. Seperti biasanya, dimulai dari pengalaman-pengalaman gue sehari-hari, berita yang lagi trand topic sekarang, kaya dihapuskannya Kurikulum 2013, dan lain-lain.
 By the way about dihapuskannya Kurikulum 2013, sejujurnya gue agak kaget juga. Kenapa pemerintah lagi dan lagi membuat suatu keputusan mendadak dimana suatu program sedang dilaksanakan. Memang banyak  pro dan kontra dari lahirnya Kurikulum 2013. Apalagi para siswa yang merasakan kurikulum tersebut.
 Menurut gue sih bedanya dari Kurikulum KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 itu cukup signifikan. jujur saja gue lebih milih dan setuju dengan Kurikulum 2013. Karena apa, menurut gue keputusan Menteri Pendidikan kita mengubah kurikulum pendidikan di Indonesia itu merupaka tindakan yang bagus untuk memajukan pendidikan Indonesia. Karena apa, ini terlihat jelas dari perbedaan kedua kurikulum.
 Kurikulum  2006, seperti yang kita tau bagaimana kurikulum 2006, proses belajar mengajarnya masih terlalu konvensional. Seperti guru datang masuk ke kelas, memberikan materi full sampai jam kelas habis, lalu siswa mendengar dan mencatat apa yang dijelaskan oleh sang guru. Secara tidak sadar ini merusak kreativitas siswa. Kenapa ? Karena gue merasa siswa jadi tidak memiliki kebebasan untuk berpartisipasi sepenuhnya didalam kelas. Mungkin juga tidak bisa untuk lebih mandiri.
 Lain halnya dengan Kurikulum 2013, gue setuju dengan satu kurikulum ini. Kenapa ? Karena disini siswa diajak untuk belajar lebih mandiri, lebih aktif bahkan proaktif, lebih bisa mengembangkan kreativitas mereka dan tidak selalu menekankan. Selain itu, siswa juga diajak untuk bisa ahli dalam menyampaikan suatu materi didepan umum dengan melalui diskusi. Tapi yang gue kurang suka dari kurikulum ini adalah kurang siapnya pemerintah dalam implementasi kurikulum ini. Ini bisa dilihat dari kurangnya persiapan buku pelajaran, mungkin juga kurangnya sosialisasi dan pelatihan untuk para guru, dan mungkin hal lainnya.
 Kenapa gue jadi cerita disini. Seharusnya kan nanti haha. Okeh lah pokoknya akan ada lagi yang ingin gue sharing disini. Gue hanya mencari waktu yang tepat untuk menungkannya.
 So, don't be bored to visit my blog hhe. Thanks my readers J.

0 komentar:

Post a Comment