berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Saturday, January 3, 2015

UN, SBMPTN, UMPTN, Bareng Zenius.net

            Okeh sebelumnya gue udah banyak cerita mengenai experience gue belajar dengan zenius.net. Bisa lo liat dari tulisan-tulisan gue sebelumnya, baik itu Gara-Gara Zeniut.net ataupun Ooooooohhh, Zenius.net. Sebelumnya gue selalu ngebahas mengenai Self Concept, Concept, dan hal lainnya mengenai pengalaman gue dengan zenius.net. Kali ini gue akan mencoba cerita lagi mengenai dampak UN sama SBMPTN gue. Selain itu juga dampaknya sampai sekarang.

            Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, sewaktu gue kelas XII, gue lebih memikirkan SBMPTN ketimbang UN. Itu dikarenakan setelah gue menonton video Self Concept dari zenius.net yang dibawakan oleh bang Sabda PS. Sejujurnya yang membuat gue merubah pikiran waktu itu adalah, gue teringat akan apa yang dibilang bang Sabda PS kalo “UN tuh gampang”. Tapi kalo diperhatikan memang tidak se-complicated SBMPTN. Kalo lo udah tonton videonya, dan paham akan apa yang disampein bang Sabda PS, pasti lo akan mengerti seiring berjalannya waktu. So, gara-gara gue menyimak dan memahami tuh video, pikiran gue langsung mengarah kepada bagaimana buat SBMPTN gue.
            Lagi-lagi kenapa gue bilang persiapan SBMPTN itu lebih penting ketimbang persiapan UN, karena SBMPTN / Tes Masuk PTN itu adalah satu-satunya medan perang yang benar-benar menguji kemampuan lo, konsep lo, potensi lo, dan “seberapa jauh lo lebih baik dari yang lainnya” (gue lupa ini omongan bang Sabda PS di bagian video yang mana, pokonya ini yang selalu gue inget). Kalo lo peratiin soal Ujian Nasional dari tahun ke tahun itu sebenarnya sama aja. Udah gitu Pemerintah juga memberikan kisi-kisi yang jelas untuk dipelajarin. Jadi nggak mungkin Pemerintah memberikan soal yang aneh-aneh ataupun complicated. Lain halnya dengan SBMPTN ataupun UMPTN. Ya lagi-lagi gue arahkan ke tulisannya  ka Glenn Ardi mengenai “Bedanya Persiapan UN dengan SBMPTN”. Oia kalo lo mau baca mengenai tips SBMPTN dari bang Sabda PS, lo bisa baca ditulisannya dia di zenius blog.
            Kalo lo peratiin ditulisannya ka Glenn Ardi, dia bilang, “kalo menurut kalian UN kemaren susah, berarti kalian gak boleh santai untuk persiapan SBMPTN” Kenapa begitu ? Gue tidak mau menjawab kenapanya disini, lo baca dan pahamin aja tulisannya ka Glenn Ardi di blog zenius.net.
            Okay next ke topic pembahasan. Sewaktu gue kelas XII kemaren, dan setelah gue mengetahui Zenius Education, gue langsung mulai mempersiapkan untuk SBMPTN maupun UMPTN. Gue mulai mempersiapkannya dari semester satu. Ya walaupun persiapan untuk Ujian Nasional waktu itu tidak kalah penting juga bagi gue.
            Waktu kelas XII kemaren, gue merelakan untuk menabung sebagian uang saku sekolah gue untuk membeli satu CD dari zenius.net. Ya sama seperti yang lainnya, uang saku gue bisa dibilang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga. Jadi saat itu gue bener-bener menyisihkan setengah uang saku gue bahkan pernah suatu seketika entah berapa hari gue lupa, gue tabung semua untuk membeli satu produk CD dari zenius.net. Waduh kok segitunya amat gue ya ampe dibela-belain nyisihin setengah bahkan semua uang saku gue buat beli CD dari zenius.net. Hhe makanya sebelumnya kan gue udah nyuruh lo buat liat video perkenalan dulu dari zenius.net ditulisan gue yang pertama, Gara-Gara Zenius.net. Karena bagi gue, belajar di sekolah tidaklah cukup, apalagi untuk mempersiapkan SBMPTN ataupun UMPTN. Sekolah hanya memfasilitasi lo untuk lulus dari sekolah, tidak untuk “Lulus masuk PTN” melalui jalur test tulis, kecuali SNMPTN Undangan J. Di sekolah juga kita belum tentu bener-bener ngerti akan konsep dari pelajaran yang dipelajari. Bahkan ada yang cuman ngasih rumus-rumus atau formula saja. Hiiiii itu menyeramkan, sungguh. Alhamdulillah gue mengenal zenius.net. Oleh karena itu lagi-lagi gue ingetin, belajar tuh menggunakan konsep, mau soal seperti apapun lo pasti bisa hajar tuh soal sampe kelar kalo emang penguasaan konsepnya bener-bener mantep.
            By the way, produk yang gue beli dari zenius.net waktu itu adalah CD Teori dan Soal Per Bab Matematika IPA untuk UN, Ujian Mandiri, dan SBMPTN. Kalo lo mau liat lengkapnya mengenai produk zenius.net seperti CD, bisa lo liat Zenius Multimedia. Kaya gini nih CD yang waktu itu gue  beli, sampe-sampe gue rela menyisihkan sebagian bahkan seluruh uang saku gue hanya untuk ini :’).

Isi dari CD ini ada 2 DVD, yaitu Teori dan Soal Per Bab
Kalo lo jelih dari foto itu, ada sesuatu yang unik. Hhe J.
            Awal gue mengenal zenius.net hanya bisa menonton beberapa video saja, tapi setelah gue membeli CD itu, gue bisa menjadi Premium Member (bisa lo lihat ditulisannya ka Glenn Ardi juga nih) zenius.net walaupun hanya 7 hari L. Alhamdulillah banget hhe. Langsunglah gue hajar bantai buat mantengin video di zenius.net. Karena penjelasan dari zenius.net untuk gue itu nyambung banget.  Mungkin karena penjelasannya dengan konsep ya sampe gue bilang Oooooohhhhh.
            Apa yang gue dapat setelah beli CD itu ? Buaaaaaaanyaaaaakk banget alhamdulillah. Karena gue mendapat kesempatan bisa mengakses zenius.net selama 7 hari, gue melanjutkan video di Zenius Learning dan Xpedia Guide. Buaaahhh asli makin ngaruh abis lagi ke gue. Gue cerita sedikit disini dari video yang ada di Zenius Learning dan Xpedia Guide.
Gara-gara video ini, gue jadi seorang yang makin PEDE ABIS dan PEDE GILA. Gue jadi sering ngomong sama diri gue sendiri, baik didepan kaca ataupun tidak. Eits jangan bilang gue gila kalo kaya gitu haha, lo tonton dulu videonya baru lo komentar sesuka lo deh kenapa gue bisa jadi kaya gitu. Gue jadi selalu mengingatkan ke otak gue kalo “gue cerdas, gue kreatif, gue bisa, gue ganteng, gue bisa buktiin” dan lain-lainnya. Bahkan nih ya, sewaktu gue “pacaran”, dulu loh ya haha, gue implikasiin juga haha. Hayooo lo mikirnya jangan yang nggak-nggak man :p. Sebelumnya gue belum terlalu menyadari akan hal ini. Tapi setelah gue menyadarinya dan di Agama Islam juga mengajari seperti ini, “Allah tergantung prasangka hamba-Nya”, gue jadi makin percaya, yakin dan makin berpikir positif mengenai apapun. Sewaktu gue baca sebuah buku, The Magic Of Thiking Big, disana juga tertulis gini "Seseorang adalah buah dari pikirannya sendiri". Dan ini juga tidak jauh beda dengan video ini. Penasaran ? Yuk tonton video Self  Concept. Oia hampir gue lupa, asli ini kocak parah dan mungkin agak krik. Waktu gue nemenin nyokab gue ke pasar buat beli bahan masakan, gue ditantang sama nyokab gue buat bikin satu lalat yang bertebangan diatas kelapa modar. (sejujurnya ini tidak baik untuk dicontoh). Awalnya nyokab gue yang nyoba, dan nyokab gak bisa. Setelah gue mau memulai mencoba, nyokab gue bilang gini, “emang bisa ? Mana bisa kamu”. Eits siapa bilang gak bisa, gue jadi inget video SelfConcept, Waktu pertama kali gue coba memang meleset tuh lalat, tapi eh tapi man, sewaktu gue coba tuk kedua kalinya, dengan sungguh menyesal akan perbuatan yang gue lakuin, satu lalat tumbang gara-gara kepercayaan gue akan diri gue sendiri. Nah loohhh kan lagi-lagi bisa lo peratiin. Dalam hati sedih karena sudah bikin satu lalat tumbang. Nyokab gue pun juga agak sedikit tidak percaya dan heran, tapi lalat sudah tumbang didepan mata hoho. Gue tidak sempat mengambil fotonya karena gue tidak membawa handphone waktu itu. Selain itu, karena video ini juga, gue langsung tudu point ke nyokab buat beli omega-3. Parah ya langsung nodong nyokab untuk beli ini. Omega-3 pertama yang gue beli seperti ini,

NATURALLE
Dan karena nyokab gue sering membelikan gue omega-3, nyokab gue membelikan gue omega-3 dengan kadar DHA dan EPA yang lebih banyak dibanding sebelumnya, kaya gini nih.

K OmegaSqua Plus
Awalnya gue agak kurang percaya dengan apa yang dibilang bang Sabda PS mengenai Omega-3 ini. Tapi setelah gue coba tuk dikonsumsi, beeeehh alhamdulillah, gue  menjadi merasa lebih baik dari sebelumnya. Selain ngeffect ke otak, ke kesehatan ternyata juga ngaruh kalo lo mau tau man. Lengkapnya gimana kalo lo mau tau, bisa lo tanya sama Mr. Google ya.
Banyak sebenarnya enggak cuman itu doang. Tapi kayanya lagi-lagi gak gue ceritain disini hhe. 
Sebelum gue menonton video ini, gue hanya membayangkan dan menyimpan tujuan dan motivasi gue di otak gue. Tidak gue tulis keatas kertas. Tetapi setelah gue menonton video ini, gue pun menyempatkan waktu untuk menuliskannya diatas kertas. Tidak hanya diatas kertas, bahkan gue langsung ke kampusnya dateng (kebetulan waktu itu lagi ada Try Out SBMPTN juga). Kaya gini nih fotonya hhe.


Me In Bogor Agricultural University
Tapi tatkala ketika gue sedang kekurangan motivasi, gue merasa benar-benar tidak ada yang memotivasi. Bingung mesti kaya gimana biar tambah semangat lagi. Tapi eh tapi alhamdulillah, setelah gue coba ikutin step yang di bahas bang Sabda PS divideo ini, itu rasanya emang beda. Ketika gue lagi down atau apa, dan gue melihat Goals and Motivation yang udah gue tulis (everywhere), gue jadi mulai semangat lagi pelan-pelan, tidak lagi seperti sebelumnya, sebelum gue menonton video ini.
Mungkin lo juga bisa seperti gue setelah menonton video ini :p.

Nah divideo ini  gue belajar dari bang Sabda PS mengenai cara berpikir yang benar. Gara-gara video ini pikiran gue jadi mencari jalan buat gimana carannya biar yang gue lakuin itu efektif dan efisien. Waaahh awalnya gue gak tau tuh gimana caranya secara benernya, tapi setelah gue pelajari dari bang Sabda PS, gue pun mulai bisa mengefisiensikan dan mengefektifkan apa yang gue kerjakan. Baik itu belajar, pacaran (dulu), cari jalan biar cepet nyampe, beli sesuatu, dan masih banyak lagi. Bukan dalam hal belajar aja, dalam hal yang lain juga gue implikasikan. Pernah sewaktu ketika gue nganterin nyokab gue ke ITC Cempaka Mas hampir debat cuman karena milih jalan. Jalan yang gue tempuh dari rumah ke tujuan bisa lewat 2 jalur. Nyokab gue memilih 1 jalur yang menurut gue itu memakan waktu yang agak lama dan bisa dibilang macet parah. Tapi gue memilih jalur yang lain karena gue yakin kalau jalan yang gue pilih ini lebih cepat nyampenya. Disini bukan berarti melawan nyokab gue, tapi gue mencari jalan bagaimana caranya biar gue bisa tiba lebih cepat dari biasanya. Alhasil, jalan yang gue pilih memang bener-bener efektif dan efisien. Ya walaupun gue tidak selalu lewat jalur itu. Tapi dengan gue mempelajari videoini, gue jadi mulai tau gimana caranya biar efektif dan efisien. Ada beberapa lagi dari video ini, namun, bisa lo pelajari sendiri ya hhe :p.

Ini dia nih yang merubah drastis cara belajar gue dan memberi solusi dari masalah belajar gue. Ya mungkin secara general memang sama masalahnya mengenai belajar, diataranya ya paling top most lah ya kata bang Sabda PS, yaitu males. Selain itu seperti lupa, susah masuk ke otak, giliran udah masuk buat ngerjain soal-soal kok gak bisa-bisa, masalah waktu, dan konsentrasi. Seperti yang lo tau ditulisan gue sebelumnya, kalo dulu gue belajar dengan metode menghapal abis. Sejujurnya memang susah untuk masuk ke otak kalo dengan cara ngapal. Tapi setelah gue tau gimana caranya, mencoba mengimplikasikan apa yang diutarakan bang Sabda PS, gue pun mengetahui titik yang membuat gue jadi gampang lupa dan susah masuk ke otak. Yaitu gara-gara belajar gak pake konsep. Tuh inget, belajar pake konsep man. Dari CD yang udah gue beli, gue jadi makin ngerti pelajaran-pelajaran di sekolah yang bisa dibilang complicated. Gue jadi tau seluk beluknya kaya gimana, asal mulanya gimana, gimana ceritanya. Sampe-sampe nih ya kalo gue belajar dengan zenius.net, gue jadi keseringan ngomong “Ooooohhh” dan nyokab pun sedikit heran ke gue. Wah pokonya kalo belajar pake konsep tuh enak banget deh. Bisa lo liat kan ditulisan gue sebelumnya mengenai logaritma, nah kaya gitu tuh. Gue jadi inget waktu gue sering belajar bareng sama temen gue di rumah sampe tengah malem buat belajar UN dan sedikit nyolek SBMPTN. Ini berawal dari gue menyimak video ini.

Naahh divideo ini gue diajarin sama bang Sabda PS buat belajar bagaimana cara belajar yang bener dan efektif. Sebelumnya gue suka baca buku mengenai cara belajar. Salah satunya adalah Mind Mapping. Memang awalnya tidak mudah untuk membuat Mind Mapping, tapi setelah gue coba pelajarin video ini, gue pun mencoba untuk membuat Mind Mapping dari Tenses dan juga mata kuliah gue, Filsafat. Kaya gini nih,

Contoh.1 Mind Mapping

Contoh.2 Mind Mapping

Contoh.3 Mind Mapping. Ini gue buat sewaktu belajar Filsafat
Selain itu, gara-gara videoini juga, sebelum tidur gue jadi suka menghayal positif tentang kedepannya. Kenapa bisa ? Lo simak terlebih dahulu video ini nanti juga lo tau dengan sendirinya J.

Dilihat dari namanya aja Time Management. Sebelumnya gue bisa dibilang orang yang kurang on time. Terkadang sesuka enaknya gue aja kalo lagi ngapa-ngapain. Apalagi kalo lagi ngegame, beeehhh akut parah gue. Pernah kali gue ngegame hampir seharian, hampir lupa waktu, bahkan buat belajar aja enggak sempet. Tapi eh tapi setelah gue menonton nih video, berubah drastis asli, ampe sekarang malah. Gue jadi bener-bener ampe bikin remainder sendiri di hp gue. Sampe-sampe zenius.net bikin lomba yang sekarang ini, gue buat scedule pengumpulan terakhir tulisan dan pengumumannya di reminder hp gue. Bisa lo lihat sendiri dibawah nih,

My Reminder
Awalnya sih emang berat dan agak sedikit ngebosenin, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya gue pun bisa mengatur waktu gue. Ya walaupun sometime masih suka over juga dari scedule. Tapi gapapa, memang kalo kita sadari, dengan kita pintar memanage waktu, diri kita bisa jadi disiplin terhadap sesuatu.
Naahh bisa lo liat sendiri kan man gimana perubahan gue setelah nonton video Zenius Learning dan XpediaGuide(tidak semuanya gue utarakan disini). Tapi inget man, sebelumnya lo harus jadi Premium Member dulu di zenius.net biar bisa mengakses semua video di zenius.net. Biar gak diceengirin  sama zenius.net kaya gini nih hhe,


Hhe :D
Terus ngaruhnya ke UN sama SBMPTN gue apa ? Wah iya jelas ngaruh banget man. Gue jadi bisa ngatur waktu gue buat belajar nyiapin UN, nyiapin SBMPTN, nyisipin waktu buat doi (dulu), buat bantuin nyokab gue, ngajarin ade gue, dan lain sebagainya. Gue jadi belajar pake konsep buat nyiapin SBMPTN / UMPTN, UN pun juga. Jadi gak mesti ngapal terus. Karena kata bang Sabda PS, menghapal itu hal yang paling dangkal bagi otak manusia. Dengan gue nyiapin SBMPTN / UMPTN lebih awal, konsepnya juga jadi bertebaran ke UN. Itu jelas banget. Selain itu, gue jadi punya foundation yang kuat buat SBMPTN / UMPTN, apalagi UN. Alhasil walaupun gue lebih memikirkan SBMPTN ketimbang UN, gue tetep lulus juga kok alhamdulillah. Dan nilainya juga gak rendah-rendah amat.
            Setelah gue mengetahui kelulusan UN gue, gue pun mempersiapkan untuk SBMPTN / UMPTN lebih dalam lagi. Karena waktu itu gue gak dapet SNMPTN Undangan L. Lo tau apa ? Gue ikut lima Tes Masuk PTN waktu itu. Gilaaaa banyak banget, terus lulus berapa ? Hhe alhamdulillah lulus 2 dari kelima test tersebut. Gue belajar dengan zenius.net dan alhamdulillah, atas izin Allah, gue bisa lulus UMPTN PNJ dan SBMPTN.

Alhamdulillah
Walaupun cuman cadangan waktu itu, tapi alhamdulillah banget hhe
Teknik Elektro 2014

Teknik Elektro 2014

Teknik Elektro 2014
Gue tidak sempat untuk menscreenshoot pengumuman SBMPTN, karena webnya sudah tidak bisa dilihat untuk pengumuman kelulusan, jadi photo gue sewaktu ikut kegiatan di kampus aja hhe
Jadiin ini sebagai motivasi lo man
Namun sayang, jurusan yang gue dapet di SBMPTN tidaklah jurusan yang gue inginkan. Karena jatuh dipilihan ketiga dan tidak sesuai dengan keinginan gue hoho L. Dan gue pun mau merelakan waktu gue kurang lebih 6-8 bulan kedepan (gue sempet meneruskan kuliah gue sampai awal Desember dari September 2014) untuk mempersiapkan SBMPTN 2015. Ini dikarenakan untuk masa depan gue. Dan ke teringat akan video ka Sabda PS yang Self Concept dan tulisan ka Glenn Ardi mengenai jurusan. Waduhh ternyata bener man, jangan sampe lo salah jurusan.
            Kenapa eh kenapa gue berani melakukan hal itu. Karena gini man, gue cerita sedikit. Yang namanya kuliah tuh kalo enggak dari hati dan lo gak enjoy menjalaninya, mau  lo belajar kaya gimana, mau lo gimana ngejalaninnya, mau lo begimana juga pasti “gak bakalan enak”. Ibarat lo makan, kalo lo dikasih makanan yang kebetulan bukan yang lo mau, apa lo bakalan makan ? Konteks disini bukanlah mengkufuri nikmat Allah, tapi dari bagaimana nanti kedepannya. Bersyukur itu tetep penting man inget. Kuliah tuh bagi gue udah beda banget sama sekolah. Diperkuliahan lo bisa terus mengembangkan potensi dan bakat yang lo punya. Belajar pun juga tidaklah jadi suatu beban kalo lo kuliah di jurusan yang sesuai dengan keinginan lo. Untuk tips memilih jurusan yang tepat bisa lo baca tulisan ka Faisal Aslim. Gue ambil satu kutipan dari ka Faisal ditulisannya gini,  Kuliah itu adalah sarana buat lo untuk memperkaya intelektualitas, apapun jurusan yang lo pilih ”. Tapi disini gue menambahkan, jurusan yang lo pilih diperkuliahan itu mesti kudu dari hati lo yang paling dalam man. Lo harus bener-bener enjoy dengan jurusan yang lo pilih nanti, jangan kaya gue nih -_-. Gue waktu itu tidak memperhatikan tulisan ka Glenn Ardi mengenai “ SERIOUS WARNING” Jangan SampaiLo Salah Milih Jurusan! “ Dan ternyata memang bener, di kelas kuliah gue juga ada aja segilintir orang yang sama kaya gue, bisa dibilang salah jurusan. Mereka tetap melanjutkan perkuliahan mereka, dan gue lebih memilih tidak melanjutkan. (kenapanya bisa terjawab sendiri ya hhe).
            Lagi-lagi gue bilang gara-gara Self Concept yang diutarakan bang Sabda PS. Gue melihat experience kakak kelas gue yang angkatan 2013. Mereka ditahun 2014 bisa lulus di PTN dan jurusan yang mereka inginkan. Mendengar cerita dari guru gue mengenai anak dari guru gue juga yang melakukan hal yang sama dan sukses lulus ditahun berikutnya. Gue pun juga melihat pengalaman dari Om(kakak dari bokab gue) gue. Gue cerita sedikit, om gue itu, awalnya dia udah keterima di FISIP UI, tapi setelah beberapa bulan, dia pindah ke Universitas lain dijurusan yang sesuai dengan keinginan dia. Dan alhasil dengan jurusan yang dia inginkan itu, sekarang dia udah ya bisa dibilang sukses lah ya. Dengan melihat itu semua, dibenak pikiran gue pun langsung respek, “mereka aja bisa, kenapa gue gak ? Gue pasti jauh lebih bisa dari mereka,pasti!!!” Gue cerdas, Gue bisa, Gue bakalan buktiin, dlsb pun terngiang terus-menerus dikepala gue.
            Gue jadi teringat akan audio bang Sabda PS di souncloud.com mengenai SBMPTN. Kaya gini nih audionya, silahkan mendengarkan di soundcloud zenius.net
            Gimana audionya ? Interested ? Hopefully. Gue sering banget dulu muter nih audio sebagai penyemangat gue tersendiri. Bahkan sampai sekarang pun gue masih suka muter nih audio buat jadi energi gue kedepannya, baik dikehidupan gue, SBMPTN / UMPTN gue, maupun hal lainnya. Alhamdulillah and thanks a lot zenius.net and bang Sabda PS !!! Because Allah and because of you, I change mind.

            Waduh kenapa jadi kemari-mari ya ceritanya. Hhe sorry agak ngalur-ngidur tapi ya gapapalah itulah yang gue alami selama mengenal zenius.net hhe. Masih adalagi hal yang membuat diri gue jadi berubah setelah mengenal zenius.net. Okeh selanjutnya bakalan gue ceritain ditulisan gue selanjutnya.
Share:

3 comments:

  1. Kak, saya msh kelas 11. dan mau nyicil materi sbm dr skrg. Nah saya lbh milih paket apa nih kak? yg paket xpedia 2.0 alumni atau k13 kak? makasih ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat aja dulu detail produknya kan ada tuh. Kalo aku sih mending ambil paket alumni

      Delete
  2. Halo Sabila. Benar kata Guo Anon. Bisa dilihat dulu produk detailnya. Saran yang sama, lebih baik XPedia alumni. Karena pelajaran kelas XII K13 bisa diakses di zenius.net

    ReplyDelete

Follow Me on Twitter