berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Saturday, November 19, 2016

Membuat Animasi Bounching Ball

Udah lama gak nulis lagi membuat tangan ini menjadi gatal karenanya. Mumpung gue lagi berkesempatan untuk bisa nulis lagi, gue akan berbagi kepada kalian mengenai Animasi. Animasi kali ini gue menggunakan Software Adobe Flash. Animasi kali ini gue buat masih dalam bentuk sederhana, kalian bisa mengembangkan lebih untuk membuat sesuai dengan keinginan kalian. Oia, sebelum memulai ini semua, jangan lupa download dan intall terlebih dahulu Adobe Flashnya hehe. Selamat mencoba!!!
Cara membuat Animasi bergerak Bounching Ball dengan menggunakan Metode Frame
1. Membuka software Adobe Flash terlebih dahulu. Tampilannya akan muncul seperti berikut:




Selanjutnya membuka dokumen baru dengan menggunakan Ctrl + N lalu pilih  ActionScript 3.0 atau dengan langsung mengklik ActionScript 3.0 pada saat membuka Adobe Flash. Tampilannya akan seperti berikut:



2. Setelah membuat lembar kerja baru, kita membuat sebuah persegi kecil di bawah sebagai landasan untuk Ball. Untuk membuat persegi kecil, kita menggunakan Toolbox Rectangel Tool. Setelah itu, buatlah persegi kecil seperti berikut:



3. Selanjutnya, kita membuat lingkaran (Ball) dengan menggunakan Oval Tool yang juga berada pada Toolbox. Untuk menghasilkan gambar lingkaran yang benar, kita menekan Shift sambil mendrag untuk membuat lingkaran. Hasilnya sebagai berikut:



4. Supaya efek animasi atau pemberian frame terlihat, kita menggunakan Onion Skin yang terletak di Frame/Timeline. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut:



Selanjutnya, mulai untuk memberikan Frame Animation.
5. Kita mulai memberikan Frame Animation pada frame 10. Klik kanan pada frame 10, lalu klik Insert Keyframe. Hasilnya adalah sebagai berikut:



Jika diperhatikan, setelah kita melakukan Insert Keyframe pada frame 10, kedua objek (Ball/lingkaran dan Garis bawah) akan terblock. Kita hanya perlu untuk memblok objek lingkaran saja. Lalu kita dapat menggeser lingkaran yang sudah kita blok tadi sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya kita ambil contoh dengan menggeser lingkaran tersebut ke bawah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:



6. Selanjutnya adalah kita menuju pada frame 5. Pada frame 5, kita klik kanan lalu klik Create Shape Tween untuk memberikan perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat gambar berikut:



7. Kita lanjut ke frame 20. Pada frame 20, kita lakukan hal yang serupa dengan langkah ke-5. Hasilnya adalah sebagai berikut:



8. Tahap selanjutnya kita beralih ke frame 15. Pada frame 15, lakukan tahap yang sama seperti pada tahap ke-6. Hasilnya adalah sebagai berikut:




9. Kita beralih pada frame 30. Pada frame 30 kita lakukan hal yang sama dengan yang dilakukan pada tahap ke-5. Hasilnya adalah sebagai berikut:





10. Lanjut ke frame 25. Lakukan hal yang sama dengan tahap ke-6 pada frame 25. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat gambar berikut:



11. Ulangi langkah pada tahap ke-5 dan ke-6 untuk frame-frame selanjutnya sampai banyaknya frame yang diinginkan. Jika sudah selesai, untuk menjalankan hasil dari animasinya yaitu dengan cara menekan ctrl + enter pada keyboard. Maka tampilannya akan menjadi sebagai berikut:



12. Animasi Bounching Ball dengan Metode Frame pun sudah jadi dibuat.
13. Untuk menyimpan dalam bentuk yang lain(misalnya .gif), klik file -> export -> export movie, lalu pilih format file Animated GIF, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:



14. Animasi bergerak Bounching Ball dengan Metode Frame pun sudah selesai.
Berikut adalah contoh sederhana  yang gue buat dengan mengikuti tahap di atas.

Lo bisa membuatnya sesuai dengan kreativitas lo. Selamat belajar dan mencoba !!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter