:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Wednesday, December 31, 2014

            Yuhuuuu kita lanjut lagi cerita dari tulisan gue sebelumnya, Gara-Gara Zeniut.net. Ditulisan gue sebelumnya gue udah ceritain kan gimana enaknya kenal dengan zenius.net. Gara-Gara Zenius.net, bisa merubah tentang Self Concept gue. Sesuai dengan yang udah gue bilang sebelumnya, kali ini gue bakal cerita gimana enaknya belajar pake konsep dengan zenius.net, dampak belajar UN dan SBMPTN gue, dan impact belajar dengan zenius.net.
            Mulai darimana ya enaknya? Hmm.. Okay gue mulai dari gue belajar biasa dulu kali ya,  sebelum gue belajar dengan zenius.net. Jujur aja dan sangat teramat jujur dari hati gue yang paling dalam nih ya, sebelum gue mengenal zenius.net, pelajaran-pelajaran eksak kaya Matematika, Fisika, Kimia tuh dimata gue terlintas terlihat absurd dan flat. Ini apaan sih ? Maksudnya apa coba ? Buat apa gue belajar ini semua ? Apa bakalan ketemu semua sama gue direalitasnya ? Sempat terlintas dibenak gue beberapa question seperti itu. Oleh karena itu, gue masih menganggap pelajaran-pelajaran di sekolah, included pelajaran eksak tadi, Matematika, Fisika, Kimia, itu masih biasa aja dan bisa dibilang susah waktu itu.
            Kelas X gue gokil banget. Gue belajar abis-abisan dengan apal rumus, apal cara, apal kata-kata, apal apalah kawan-kawannya. Pokonya serba NGAPAL. Tanpa mengerti Concept sedikitpun. Padahal materi pelajaran di kelas X itu kan masih menjadi dasar buat tingkat selanjutnya, XI dan XII. Tapi sayang, kelas X gue belum mengenal Zenius Education L. Jadi bisa dibilang, belajar gue waktu kelas X itu masih belum seefektif dan seefisien setelah mengenal doi, Zeniut Education hhe J.
            Mungkin banyak dari lo lo pada tidak menyadari akan indahnya belajar dengan menguasai konsep. Atau mungkin ada yang punya perspektif gini, “buat apaan sih konsep, bikin lama aja!” Yayaya, gue berharap buat lo lo yang pernah sempet berpikiran seperti itu, semoga cepat sadar ya. Dikarenakan gue juga pernah terlintas pikiran seperti itu, dan baru menyadari setelah mengenal Zenius Education. Bisa gue bilang Gara-Gara Zenius.net juga, setiap gue melihat soal, gue bawa santai, gak panic, dan mencoba diselesaikan dengan perlahan dan menggunakan konsep. Oleh karena itu, belajarlah dengan menggunakan konsep man, karena dengan lo menguasai konsep yang bener-bener mantep, soal sesulit apapun dijamin lo bisa ngerjain dengan enjoy.
            Mungkin diantara lo pada masih mengingat materi pelajaran kelas X, yaitu Eksponen dan Logaritma. Sewaktu gue kelas X gue menghapal abis tuh bab. Seperti xm.xn = xm+n, 22 x 23 = 4 x 8 = 32. . Atau model yang seperti ini, x+x+x+x+x = 5x. Model seperti ini juga, 35 : 32 = ... Nah model-model Ekponen yang kaya gitu sejujurnya dulu gue masih dengan metode menghapal abis. Tapi setelah gue mengenal Zenius Education, menonton video materi pembelajaran di zeniut.net, gue jadi baru mengerti apa maksud dari itu semua.
            Sama halnya seperti materi Logaritma, lo ingat kalo misalkan ada suatu formula gini, ab = c, berarti logaritmanya jadi alog c = b. Atau mungkin kalo dibuku sering banget kita temuin kaya gini :

Buku METODE The KING MATEMATIKA ALA TENTOR SMA kelas 1, 2, & 3
Sebelum gue mengenal Zenius Education, gue ngapalin tuh rumus. Sumpah rasanya tuh gak  enak banget ngapalin kaya gitu. Gak tau gimana ceritanya, gimana asal usulnya dan lainnya. Gue suka jadi bingung sendiri gara-gara dengan metode ngapalin. Akhirnya eh akhirnya nih, setelah gue mengenal zenius.net, gue jadi tau jalan ceritanya kaya gimana, gimana asal usulnya, kenapa begitu kenapa begindang.
            Setelah gue mengenal zenius.net, materi Logaritma seperti itu bisa dibilang tidak lagi gue hapal. Tapi gue gunakan dengan konsep. Alhamdulillah Allah mempertemukan gue dengan Zenius Education. Penasaran kan lo gimana gue bisa gitu ? Makanya kalo lagi online tuh sering-sering mampir ke zenius.net aja. Gue jamin deh, gak bakal rugi lo mampir, kalo bisa jangan mampir sih, tapi netep, ke zenius.net. Buat lo yang mau tau gimana concept diatas tadi tuh, lo bisa liat di Eksponen dan Logaritma di zenius.net, dibagian Matematika kelas X SMA  atau dibagian Matematika Wajib SMA Kelas 10 - Kurikulum-2013. Tapi lo harus jadi premium member terlebih dahulu agar bisa melihat dan mengakses semua video di zenius.net hhe J (hal  ini gue sempet kesel waktu pertama kenal zenius.net, sebelum jadi premium member kan gue suka liat video zenius.net, pas gue mau melanjutkan ke video selanjutnya, gue malah dicengirin sama zenius.net kaya gini):

Hhe :D
            Oia ngomong-ngomong soal concept, ini experience gue asli nih ya sewaktu gue belajar bareng di rumah  gue sama ade kelas gue. Waktu itu gue berbagi ilmu yang gue punya dimateri pelajaran yang gue bisa, Matematika. Gue sama mereka kebetulan waktu itu sedang bahas materi Logaritma. Weits ternyata eh ternyata, setelah gue telaah dan peratiin mereka tentang Logaritma, mereka sama seperti sewaktu gue kelas X. Masih dengan metode ngapal abis. Jadi suka lupa deh tuh sama materinya. Padahal kan kalo pake concept pasti bakalan jadi enjoy dan enak banget. Waktu gue tanya sama mereka soal Logaritma, mereka bilang masih suka bingung, susah ini itu. Tapi setelah gue coba ajak belajar ala zenius.net (hhe gapapa dong kan biar ilmunya bisa gue bagi dari apa yang udah gue pelajarin di zenius.net ), mereka pun jadi menganga bilang, Ooooohhhhhhhh. (hati gue berdumam entah seneng atau gimana, gue udah ngejelasin panjang lebar begini begitu, ini itu, mereka bilang dengan satu kata yang dibuat hiperbol oleh mereka, tapi gue bersyukur karena akhirnya mereka  jadi ikut tercerahkan dengan ilmu yang gue bagi ke mereka, ini juga berkat Allah SWT dan zenius.net). Jadi, gara-gara gue belajar dengan zenius.net, gue jadi punya ilmu tambahan dan bisa berbagi ke temen-temen gue, adek gue sendiri, ade kelas gue, dan lainnya.
            Tau gak setelah gue ngejembrengin tentang Logaritma sama mereka (adek kelas gue) dengan konsep yang udah diajarin zeniue.net ke gue, mereka langusng bener-bener ooohhhh dan ngerti abis. Ya walaupun terkadang masih agak kegok karena masih pemula mungkin ya, tapi syukurnya mereka bisa. Ini terlihat setelah gue coba kasih beberapa contoh soal dari apa yang udah dipelajarin. Kaya gini nih soalnya yang waktu  itu gue kasih, (ini sejujurnya masih bener-bener dasar abis loh),

Berapa ya hasilnya...

3log 2 = ∆ , maka 4log 27 = ...
Gimana-gimana soalanya ? Susah ? Atau mungkin gampang ? Hhe. Buat para tutor zenius.net ini mah kaya makanan sehari-hari kali ya hhe. Apalagi bang Sabda PS, beehhh, kata dia mungkin gini,”ini mah gampang buaaaangeeet!!! Lo dodol kalo gak ngerti ini!”, hhe. Tapi gimana dengan lo pada ? Siswa-siswi putih abu-abu dimanapun kalian sekolah. Kalo gak tau konsepnya pasti bakalan bingung gimana cara jawabnya, ngerjainnya, dan memahaminya. Tapi kalo kita peratiin lagi, itu masih dasar. Ya asli masih dasar banget belum sekompleks soal SBMPTN.
            Pernah suatu ketika disaat gue masih belajar bareng sama mereka, gue ambil sample soal dari zenius.net. Kebetulan adek kelas gue ini jurusan IPS, jadi gue ambil sample soal Matematika IPS. Bisa juga sih dari IPA, biar mereka juga makin tambah mantep pemahamannya. Buat lo lo yang IPA maupun IPS, khusus Matematika, coba deh pelajarin tipe soal dari kedua jurusan, IPA dan IPS, karena pada dasarnya konsep soalnya gak jauh beda. Paling tidak yang beda itu materi bab yang keluar antara IPA dan IPS. Waktu itu gue ambil sample soal dari soal Ujian Nasional Matematika IPS SMA tahun 2013. Kaya gini nih soalnya :


Matematika IPS SMA tahun 2013
*ralat : itu soalnya - 4log 6, bukan + 4log 6
Gimana menurut lo soalnya man ? Masih dasar kan ? Jelas ini soal Ujian Nasional udah enak banget tinggal hajar jeder jadi. Coba kalo soal SBMPTN, hmm ...
            Berhubung bang Sabda PS udah ngajarin gue tentang gimana caranya ngebentuk Self Concept yang oke, gue jadi makin PEDE ABIS buat ngajarin soal itu ke adek kelas gue ini. Seperti biasa gue bahas dengan sedikit review teori biar sama kaya yang udah gue pelajarin di zenius.net hhe. Ini itu udah dengan sedikit bahas review teori Logaritma, Langsung lah gue dan mereka untuk mencoba membahas bersama. Dan ini lah hasil pembahasan kami, :

*ralat : sama seperti sebelumnya. seharusnya - 4log 6, bukan + 4log 6, jadi kebawahnya juga ikut (-) yang 4log 6. Harap maklum itu foto gue ambil udah lama hhe
Nahloh nahloh kok gak ada dioption ? Apa ada yang salah itung ? Atau apa ? Ternyata eh ternyata, lo liat man dengan jelih step yang terpampang dipembahasan gue sama mereka begimana ? Karena kePEDEan gue udah dibentuk abis sama bang Sabda PS di video Self Concept dia, gue dengan PEDEnya aja ngebahas begitu. Dan setelah melihat hasilnya enggak ada, waduuhh gimana tuh ? Apa gue panic ? Hhe alhamdulillah enggak. Dengan PEDEnya aja gue coba lagi otak atik tuh soal. Otak atik ini itu sana sini dan seterusnya, eeh sama aja alhasil, gak ada juga di optionnya. Hhe, Berhubung mereka (adek kelas gue) tidak menyadari kalau ada satu concept yang gue agak sedikit melupakannya, jadi mereka mengiyakan ketika gue bilang untuk diskip dulu ini soal hhe. Parah ye, ngajarin orang tapi masih ada aja yang ketinggalan lupa conceptnya, untung masih sama-sama belajar guenya jadi gak salah dong hhe. Pada akhirnya, itu soal diskip dikarenakan gue lupa akan satu konsep diLogaritma waktu itu. Padahal setelah gue telaah lagi, ternyata itu konsep dasar Logaritma banget. Asli. Waktu itu gue belum jadi premium member zenius.net lagi, tapi setelah gue sudah menjadi premium member lagi, setelah membeli salah satu produk zenius.net yang sumpah NGEFFECT dahsyaaaaat!!!!! Gue pun akhirnya mengetahui dimana letak kesalahan gue. Gue pun tertawa sendiri mengetawakan kecerobohan gue. Karena saking PEDEnya waktu itu, menganggap gue udah bisa dan emang beneran bisa, mungkin guenya kurang jelih ngerjainnya, jadi main hajar aja kaya gitu. Namun sayang, gue melupakan akan satu konsep dasar ini,
alog b + alog c = alog b.c
Simple kan kurang jelihnya gue haha. Tapi ya itu, dikarenakan gue udah PEDE GILA dan PEDE ABIS buat ngajarin mereka, yaudah gue hajar aja pake cara gue sendiri hhe.  Dan ternyata setelah gue lihat pembahasannya itu seperti ini(soal nomor 12. Soal 6). Gue ingetin lagi, buat bisa mengakses semua video di zenius.net, lo harus jadi premium member dulu biar gak dicengirin sama emot zenius.net kaya gini, hhe

Oia kalo lo bingung gimana caranya biar bisa jadi premium member di zenius.net, lo baca deh nih tulisan ka Glenn Ardi di zeniusBLOG. Selain itu, ditulisan dia, semua pertanyaan lo mengenai zenius.net, sudah terjawab oleh ka Glenn Ardi. So mau tunggu apalagi, let’s go on .Gue jamin lo gak akan rugi menjadi premium member zenius.net, cepet liat tulisannya ka Glenn Ardi biar lo makin kenal sama Zenius Education.
            Nahloh nahloh bisa lo peratiin man betapa pedenya gue gara-gara nyimak video Self Concept bang Sabda PS, hhe. Tapi gapapalah, namanya juga masih belajar hhe. Oia, by the way, katanya gue mau cerita soal dampak UN sama SBMPTN gue ya ? Penasaran yaaa ? Hhe. Maklum gue orangnya emang agak suka bikin orang penasaran. Biar lo gak bosen, langsung aja yuk klik disini buat melanjutkan cerita guenya. Buseng banyak banget cerita How Zenius Changed You ? Jelas banyak, karena banyak pelajaran yang bisa gue pelajarin di zenius.net sampe-sampe ngerubah gue abis kaya gitu hhe. Yaudah yuk lanjut ke tulisan gue selanjutnya.

5 comments:

  1. Kak respon ya.. lu ngakses zenius lewat internet kan? Rekomen paket internet yg pas dong buat supaya ngakses zenius enak tapi paketnya murah,aku fakir kuota tapi kepalang beli voucher zenius nih.pdhl enak2 lagi zeniusan eh kuota ku cepet abis.kaka pake internet apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat paket internet sih bebas saja, asal jaringannya kuat untuk streaming. Gue pribadi pake 3 atau gak bolt. Bisa bertahan sebulan kok buat zeniusan doang.

      Delete
  2. zenius multimedia memang manteppp...sodare ane tembus PTN kagak pake bimbel.

    ReplyDelete
  3. Hahaha,,, kepedean lu bang...
    Sma gue jga make zenius, sebenarnya udh tau lama... Tapi yh nyesel baru pake skarg..

    ReplyDelete