berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Sunday, May 3, 2015

Beberapa Definisi

Ini adalah tugas ketika dosen Filsafat gue memberikan tugas untuk mencari beberapa definisi seperti Idealisme, Materialisme, Dualisme, Pluralisme, Rasionalisme, Empirisme, Krisme, dan Positivisme.
Idealisme
Idealisme merupakan aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Materialisme
Materialisme adalah paham dalam filsafat yang menyatakan bahwa hal yang dapat dikatakan benar-benar ada adalah materi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Materialisme)
Dualisme
Dualisme merupakan paham bahwa dalam kehidupan ini ada dua prinsip yang saling bertentangan (seperti ada kebaikan ada pula kejahatan, ada terang ada gelap). (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Pluralisme
Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” atau “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat. (http://stpakambon.wordpress.com/p-l-u-r-a-l-i-s-m-e/)
Rasionalisme
Rasionalisme adalah  teori (paham) yang menganggap  bahwa pikiran dan akal merupakan satu-satunya dasar untuk memecahkan problem (kebenaran) yang lepas dari jangkauan indra. Rasionalisme juga bisa diartikan sebagai paham yang lebih mengutamakan (kemampuan) akal daripada emosi atau batin. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Empirisme
Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. (http://id.wikipedia.org/wiki/Empirisme)
Kritisme
Kritisisme adalah aliran yang lahir dari pemikiran Immanuel Kant yang terbentuk sebagai ketidakpuasan atas aliran rasionalisme dan empirisme. (http://hudanuralawiyah.wordpress.com/2012/01/02/makalah-filsafat-kritisisme-immanuel-kant/)
Positivisme
Positivisme merupakan aliran filsafat yang beranggapan bahwa pengetahuan itu semata-mata berdasarkan pengalaman dan ilmu yang pasti. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Share:

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Follow Me on Twitter