:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Thursday, February 12, 2015

Naaah akhirnya gue berkesempatan juga nih buat tulisan untuk kalian siswa-siswi putih abu-abu. Khususnya di kelas akhir putih abu-abu. J. Seperti ditulisan gue sebelumnya, inilah saatnya untuk gue bercerita kembali.
Okay biar tidak kelamaan gue langsung cerita aja nih ya.
Kali ini gue mau cerita mengenai Fight To College!!! Gue rasa sih enaknya mulai dari awal kelas XII kali ya.
Okeh memang seharusnya untuk kelas XII putih abu-abu sudah mulai memikirkan matang-matang setelah lulus dari putih abu-abu ingin kemana. Entah itu lo mau melanjutkan untuk kuliah lo (ini bagus banget karena ini salah satu investasi bagus buat lo), entah lo mau ngapain, ini itu ono apalah terserah lo mau nyebutnya apa. Intinya memasuki kelas XII putih abu-abu memang sudah seharusnya untuk memikirkan kedepan. Inget man, lo udah umur teen, seharusnya pola pikir juga sudah mulai mateng dong. Ya altough memang sometimes ada aja pasti turunan dari sewaktu kita kelas X dan XI, bahkan sewaktu SMP.
Memasuki kelas XII, common, gue juga sama seperti temen-temen gue. Tapi seiring berjalannya waktu, mulai terlintas dibenak pikiran gue untuk kedepan. Apa yang bakal gue lakukan kedepan. Gue harus ngapain aja nanti selepas dari putih abu-abu ini. Harus ada sesuatu yang dibanggakan selama XII tahun gue merintis pola pikir dan menuntut ilmu di sekolah. Apa cuman sampai sini doang kah gue melakukan ini semua. Gue harus bisa membuat kedua orang tua dan keluarga gue tersenyum dan bangga dengan jerih payah gue selama XII tahun sekolah, melanjutkan pendidikan gue ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan lain-lain kali ya. Intinya sih seperti itu.
Awal kelas XII memang gue belum terlalu fixed untuk menentukan pilihan PTN gue. Tapi seiring berjalannya waktu selama kelas XII, gue pun akhirnya menemukan pilihan untuk PTN gue. Gue teringat sewaktu kakak kelas gue datang ke kelas dengan sudah menggunakan almamater PTN kebanggaan mereka. Ada yang dari Universitas Indonesia, ITS, UNJ, UNBRAW, UIN, dll. Ini itu mereka menjelaskan dan berbagi pengalaman mereka selama menempuh untuk PTN, gue pun semakin semangat dan yakin untuk PTN. Mereka lulus PTN dari berbagai jalur, ada yang dari SNMPTN Undangan, SBMPTN, dan Ujian Tulis Masuk Perguruan Tinggi Negeri lainnya.
Gue langsung skip aja biar tidak kelamaan. Gue mulai dari SNMPTN Undangan.
SNMPTN Undangan adalah suatu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa melalui jalur test tulis alias undangan dan FREE atau bebas biaya(source my brain). Menurut gue ini adalah satu-satunya kesempatan terbesar untuk lulus Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Karena persentase masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur ini bisa diatas 50% dari total kursi yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN Undangan adalah jalur pertama dari Pemerintah  untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ada tapinya nih man, kalo emang lo bener-bener kepengen banget lulus dari SNMPTN Undangan ini, dari sejak lo masuk SMA atau putih abu-abu, lo harus bener-bener belajar gila-gilaan man(gak gila-gilaan juga, intinya  lo harus rajin, tekun, ulet, telaten ngejalanin masa SMA lo dengan cara yang bener). Loh kenapa gitu ? Terus masa muda gue gimana ? Haha itu penting juga boy. Kata Sabda PS(tutor zenius.net) nih, “bukan berarti lo harus kehilangan masa muda lo, justru menurut gue untuk lebih having fun lebih oke tuh keilmuan tuh mesti tinggi”. Gue setuju banget sama Sabda, kenapa, karena emang bener, untuk lebih having fun lebih oke tuh, keilmuan(ilmu yang kita punya) tuh mesti tinggi dan oke juga. Karena memang akan jauh lebih seru kalo punya mentalitas dan keilmuan yang tinggi man. Dengan keilmuan yang lo punya, bisa ngebentuk pola pikir lo dan bisa melihat segala sesuatu dari berbagai kaca mata (paradigma) include buat nyari pacar/pasangan man haha. Sorry jadi ngalur ngidur kesini haha. Kita back to the topic, SNMPTN Undangan.
Dalam menentukan pilihan di SNMPTN itu lo harus bener-bener banyak mempertimbangkan ini itu man. Diantaranya adalah sekolah. Selain itu, kualitas alumni dari sekolah lo yang udah keterima duluan di PTN yang lo mau via SNMPTN juga. Nilai rapot lo dari beberapa semester juga jadi bahan pertimbangan banget man. Syukur-syukur lo punya sertifikat yang WOW banget yang bisa narik perhatian panitia SNMPTN, kaya sertifikat menang olimpiade nasional bahkan internasional. Atau bisa juga sertifikat non-akademis lo, seperti menang lomba dieskul lo atau yang lainnya.  Okeh gue coba bahas satu-satu ya..
Pertama, dari Sekolah.
Kenapa pertama gue bilang sekolah. Karena memang tidak dapat dipungkiri, sekolahlah yang menurut gue dilihat pertama (walaupun tidak monoton dan relevan seperti ini terus loh ya). Tapi jangan langsung pesimis kalo sekolah duluan yang dilihat, karena sekolah bukanlah faktor yang  sudah menjamin lo lulus SNMPTN. Lo harus tetep optomis kalo lo bakal lulus SNMPTN Undangan man (aamiin).
Kedua, Kapasitas Alumni dari Sekolah Lo.
Sebenernya ini bisa dimulai dari lo man. Karena walaupun dari sekolah lo gak ada alumni yang lulus di PTN tujuan lo via SNMPTN, lo lah  yang akan membukakan pintu gerbang untuk generasi dibawah lo selanjutnya. Kalo memang alumni dari sekolah lo yang lulus di PTN tujuan lo via SNMPTN udah banyak, lo harus makin optimis man, apalagi kalo jurusan dan prodinya sama ama target lo, gue saranin lo harus bener-bener yakin sama pilihan lo.
Ketiga, Komposisi Nilai Rapot Lo
Nah ini nih menurut gue yang bener-bener paling esensial. Ya jelaslah, karena dari definisi jalur masuknya aja juga udah jelas, tanpa melalui jalur test alias undangan, bebas biaya pula. Bahasa kasarnya sih tinggal liat nilai yang ada dirapot lo doang dari beberapa semester. Ibarat kaya waktu lo mau naik kelas, kalo nilai lo memungkinkan untuk naik, ya pasti naik. Begitupun juga dengan SNMPTN man. Kalo nilai rapot lo memungkinkan untuk lulus SNMPTN, ya pasti lulus. Seperti yang udah gue bilang sebelumnya tadi, kalo lo emang bener-bener ngebet banget pengen lulus SNMPTN Undangan, dari sejak lo duduk dibangku kelas X SMA, lo harus belajar bener dengan cara yang bener dan efektif. Jauh lebih baik lagi lo bisa membuat semua itu menjadi lebih efisien. Jadi sewaktu akhir kelas XII, lo pun juga jadi enak, tidak terlalu memusingkan untuk nilai rapot lo. Kalo udah gini, mau lo prepare buat SBMPTN pun juga gak jadi masalah, malah bagus banget. Dengan lo prepare SBMPTN dari jauh-jauh hari, bisa jadi ngedampak ke UN lo juga. Bukan cuman untuk ke test doang, tapi buat pola pikir lo juga. This is true stroy boy and girl ! Gak percaya silahkan buktikan. Tapi ingat, dengan “cara yang efektif”.
Keempat, Sertifikat yang Lo Miliki
Untuk sertifikat ini, waktu zaman gue (2014), ada yang bilang ini ngaruh banget dan ada juga yang bilang ini tidak terlalu signifikan mempengaruhi kelulusan SNMPTN. Intinya, kalo lo punya sertifikat menang lomba kalo bisa, lo ikut sertakan aja buat jadi bahan pertimbangan. Kalaupun tidak ada ataupun hanya sebagai peserta, gapapa ikut sertakan aja, gue dulu juga gitu kok hhe J.
Kelima, Saingan Lo dari Seluruh Sekolah SMA / MAN / Sederajat se-Indonesia
Nah ini adalah yang paling esensial kedua dan krusial banget yang menurut gue penting banget lo perhatiin dan lo pertimbangkan. Untuk jurusan dan prodi yang memang banyak peminatnya seperti Kedokteran, Teknik Informatika, Matematika, Ekonomi, Akuntansi, Hubungan Internasional dll yang sekiranya tinggi memang harus lo pertimbangkan juga. Soalnya disini tidaklah seperti sewaktu kenaikan kelas, yang hanya teman sekelas lo saja. Melainkan saingan lo adalah seluruh Indonesia man. Bahkan temen sekelas malah lebih dekat lagi, temen sebangku lo, bisa jadi saingan lo sendiri (hayooolooohh J). Yo beda jauh toh bro! Lo juga harus bener-bener bisa membandingkan antara jumlah peminat/pendaftar dari prodi tujuan lo dan juga daya tampung dari pihak PTNnya. Selain itu juga dari kapasitas nilai rapot lo, karena memang harus berstrategi untuk bisa lulus SNMPTN.
Sebenernya masih ada lagi faktor lain yang mempengaruhi kelulusan di SNMPTN, coba lo cari tau sendiri. Entah itu dari guru Bimbingan Konseling lo di sekolah, tempat bimbel lo, dari kakak kelas lo, alumni, dari zeniusblog, dll. Kalo lo bisa sih tanya aja langsung ke panitianya, datengin dan tanya “Bapak/Ibu yang terhormat, kira-kira faktor apa saja yang mempenngaruhi kelulusan SNMPTN ?” Atau mungkin gini, “Sudikiranya Bapak/Ibu bisa meluluskan saya di SNMPTN tahun ini, nanti urusan itu bisa belakangan Pak/Bu” (biar greget :v).
Okeh disini gue mau ngasih sedikit tips buat SNMPTN, ini juga gue pilah dari perkataan yang pernah terlintas di otak gue.
Pertama, pilihan lo di SNMPTN itu harus bener-bener dari hati lo yang paling dalam. Harus bener-bener yang lo mau, yang lo pengen, jangan asal pilih karena melihat peluang kelulusan di SNMPTN. JANGAN !!! Sebenernya ini untuk pilihan prodi kuliah juga.
Kedua, “SNMPTN itu ibarat milih satu prodi”, kata kakak kelas gue sewaktu expo campus di sekolah gue. Gue menambahkan, “yaiyalah mana ada juga yang mau diduain, apalagi ditigain, ibarat hubungan, maunya selalu nomor satu dan gak mau poli kan :’)”. Tapi gak usah khawatir, selama pilihan lo itu tidak terlalu melenceng, dan ada kemungkinan untuk lulus, tetap optimis lah. Karena di kelas kuliah gue, ada juga kok yang lulus SNMPTN pilihan ke dua. Pilihan ketiganya gue agak lupa karena gak terlalu meratiin. So keep optimis dan percayakan pada Allah okay.
Ketiga, restu orang tua man.
Sebenernya  ini yang paling esensial dari yang lain man haha. Karena mau lo sepinter apapun, segenius apapun bahkan mengalahkan ilmuan sains terkemuka sekaligus, Albert Einstein, kalo orang tua tidak merestui itu jangan man L. Ya memang untuk hal ini harus banyak berbincang dan berdiskusi sama kedua orang tua lo. Coba lo jelasin ke mereka mengenai kuliah yang mau lo ambil selanjutnya. Kasih mereka alasan dan kepercayaan kalo lo bisa ngejalanin kuliah lo nanti. Mengenai biaya, bilang aja sama kedua orang tua lo, beasiswa di PTN sekarang tuh berjejer Mah, Pah. Bahkan dari Pemerintah juga ada, Bidik Misi misalnya. So gak usah terlalu khawatir lah ya mengenai biayai, intinya lo bisa meyakini orang tua lo.
Keempat, lokasi lo kuliah
Perhaps, ada juga yang kepengin kuliah di PTN luar kota tempat tinggal lo. Tapi lagi-lagi orang tua lo belum yakin akan hal ini. Lagi-lagi, buat mereka yakin kalo lo bisa ngejalanin semua man. Karena memang mau tidak mau, waktu terus berjalan. Lo juga semakin dewasa man, dan gak mungkin jadi anak-anak terus (harusnya). Harus bisa mempertimbangkan dan membayangkan hidup jadi anak kostan itu bagaimana haha. Karena gue pernah mengalami bersama dua teman gue. Bener-bener mandiri mantap.
Kelima, Yakinkan Akan Diri Lo Bahwa Lo Bisa Lulus, dan Serahkan Semua Pada Yang Maha Kuasa
Nah yang ini nih, about keyakinan. Okeh gue cerita sedikit mengenai yakin dalam suatu hal ya. Hmm apa yah, sebenernya gue udah cerita ditulisan gue. Baik itu Gara-Gara Zenius.net, UN, SBMPTN, UMPTN BarengZenius.net, Ooooooooh Zenius.net, dan Hobby With Zenius.net. silahkan lo baca aja deh biar tau J. Intinya, lo harus bener-bener bisa meyakini diri lo kalo lo bakalan lulus (aamiin). Karena, “lo adalah hasil dari pemikiran lo secara terus menerus”. Semakin sering lo memikirkan lo bisa lulus, allhasil kenyatannya bisa jadi lulus beneran. Ini beneran loh gue serius. Inget ini man, “Allah itu tergantung prasangka hambaNya kepadaNya”. Jadi tetep optimis aja. Dan ini semua juga tidak terlepas dari usaha lo.
Kesimpulan yang bisa gue ambil disini, dalam SNMPTN lo harus bener-bener punya strategi jitu untuk bisa lulus SNMPTN. Baik itu strategi untuk milih jurusan, PTN dan lain sebagainya. Lo juga harus bisa meyakinkan diri lo sendiri dan orang tua lo kalo lo itu bisa. Gue ulang dan gue tekankan sekali lagi, “lo adalah hasil dari pikiran lo secara terus menerus”.
Biar lo makin semangat nih, gue kasih sedikit kata-kata dari tutor di zenius.net, buat yang cowok awas gak bisa tidur.
Donnita Safiera
Okeh di SNMPTN gue rasa udah cukup, kalo pun masih ada yang ingin tanya, tinggalin comment aja dibawah, jangan lupa kasih reaksi ya. Ini penting, kasiani gue, gue juga mau makan, ade gue masih sekolah, masih sekolah dasar malah, jadi coba lo kasih respon dan comment ya J.
Untuk selanjutnya, gue akan coba bahas SBMPTN dan serunya ber-SBMPTN tuh kaya gimana.

2 comments:

  1. First comment dapet apa nih? Hahahha jk..
    Thanks banget, stelah gue baca tulisan lo cukup ngebuka pikiran gue buat milih jurusan sesuai minat sama skillsnya, semangat tembus PTN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet doa aja deh haha
      Sama-sama (y). Semangat lo buat tembus PTN tahun 2015 ini :)

      Delete