berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Saturday, October 25, 2014

Menjadi Orang Yang Didoa’kan Malaikat


Kita semua tentunya ingin didoakan oleh malaikat, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Ar-Ra’d,
“Bagi manusia, ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki suatu keburukan pada suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali kali tidak pelindung bagi mereka, selain Dia.”(QS. Ar-Ra’d/13: 11).
Berperilakulah sebagaimana ... !


  • Orang tidur dalam keadaan suci

Barang siapa yang dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa “Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keaaan suci.”
(Imam Ibn Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a. hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib l/13)
Sempatkan diri kita untuk selalu bisa berwudhu disaat ingin tidur,karena banyak sekali kebaikan yang insya Allah akan kita dapatkan bila kita dapat menjaga wudhu kita.

  • Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengatuan orang yang didoakannya

Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata “aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.”
(Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummuddarda’ r.a. Shahih Muslim no, 2733)
The Real Fact : Disaat saya dan teman-teman saya kemarin sewaktu menunggu hasil dari pengumuman maupun test Perguruan Tinggi Negeri, saya teringat akan hal ini, dan saya mencoba tuk mempraktikkannya. Saya mendoakan teman teman saya supaya dapat diterima di Perguruan Tinggi pilihan mereka,begitu juga dengan saya, alhasil Alhamdulillah, atas izin Allah, saya dan teman-teman saya lulus dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri. So don’t worry man, jangan lupa untuk mendoakan saudara muslim kita.

  • Orang-orang yang berinfak

Tidak satu hari pun di mana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.” Dan lainnya berkata, “Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit.”
(Imam Bukhori dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. Shahih Bukhori no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)
Sampai saat ini belum ada kasus atau berita bahwa dengan karena berinfak, seseorang jatuh miskin. Kita coba untuk membiasakan diri berinfak, Allah pasti akan mengganti berlipa-lipat dari apa yang sudah kita infakkan,so don’t worry man, do it now and continue, Inysa Allah keberkahan akan menghampiri kita, aamiin.

  • Orang yang sedang makan sahur

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sedang makan sahur.
(Imam Ibnu Hibban dan Imam Ath Thabrani, meriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a. hadits ini dishahikan oleh Syaikh  Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib l/519)
So, jikalau kita ingin didokan malaikat, sering-seringlah berpuasa, karena orang yang sedang makan sahur didoakan oleh malaikat.

  • Orang yang sedang menjenguk orang sakit

Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh.
(Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib r.a. Al Musnad no. 754, Syaikh Ahmad Syakir berkomentar,”sanadnya shahih”)
Dengan kita menjenguk saudara kita yang sakit saja, para malaikat mendoakan kita, so sempatkanlah waktu untuk bisa menjenguk saudara kita yang sedang sakit, and don’t forget man, disamping kita menjenguk saudara kita yang sedang sakit, doakan dia, karena doa kebaikan seorang muslim kepada

  • Seseorang yang sedang mengajarkan kebaikan kepada orang lain

Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah di antara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang lain.
(Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah al Bahily r.a. dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam kitab Shahih At Tirmidzi ll.343)
Janganlah bosan untuk selalu berdakwah mengajarkan kebaikan kepada orang lain dijalan Allah,karena slain didoakan malaikat,  kita pun memang sudah dianjurkan oleh Allah untuk berdakwah.

  • Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat

Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya “Ya Allah, ampunilah ia.  Ya Allah sayangilah ia.”
(Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., shahih Muslim No. 469)
Kita dianjurkan untuk datang awal waktu bahkan sebelum masuk waktu shalat, karena doa disaat menunggu waktu shalat, di ijabah oleh Allah SWT, dan didoakan oleh malaikat.

  • Orang-orang yang berada di shaf barisan depan di dalam shalat berjamaah

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan.
(Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin ‘Azib r.a. hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud l/130)
Barisan depan di dalam  shalat berjamaah jauh lebih baik pahalanya, oleh karena itu,berlomba-lombalah untuk mendapatkannya.

  • Orang-orang yang menyambung shaf pada shalat berjamaah (tidak membiarkan kekosongan di dalam shaf)

Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf”.
(Para Imam yaitu Ahmad,  Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah r.a., hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib l/272)
Jikalau kita melihat shaf kosong dalam shalat berjamaah, kita berkewajiban untuk mengisi shaf tersebut, karena sesungguhnya lurus dan rapat shaf merupakan kesempurnaan dari shalat berjamaah.

  • Para malaikat mengucapkan aamiin ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah

Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghduubi alaihim waladh dhaallinn’, maka ucapkan oleh kalian ‘aamiin’, karena barang siapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.
(Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. shahih Bukhari no. 728)
Ucapkanlah “aamiin” disaat Imam selesai membaca Al Fatihah. Begitu juga dengan kita mengaminkan doa, ucapan aamiin ya Allah mengandung arti “kabulkanlah ya Allah”.

  • Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat

Para malaikat akan selalu bershalawat pada salah satu di antara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat di mana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia’.
(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, Al Musnad No. 8106,Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini)
Banyak diantara kita yang seusai shalat,tidak menyempatkan waktu untuk berdoa. Padahal malaikat pun berdoa untuk orang yang duduk di tempat shalatnya. Sungguh sangatlah rugi orang yang seusai shalat tidak berdoa.

  • Orang-orang yang melakukan shalat shubuh dan ashar secara berjamaah

“Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar, dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, bagaimana kalian meninggalkan hambaKu , mereka menjawab, Kami datang sedangkan mereka sedang melakakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.”
(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Al Musnad no 9140, hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)
Banyak khasiat dan rahasia dari shalat Shubuh dan Ashar secara berjamaah. Oleh karena itu, ajaklah diri kita dan saudara-saudara kita untuk melaksanakan shalat fardhu berjamaah. Selain mendapatkan 27 kali lipat pahala, para malaikatpun mendoakan orang yang shalat berjamaah.

Kita harus mempercayai kalau malaikat mendoakan kita, karena dengan adanya keyakinan, kepercayaan dan kemantapan hati akan suatu hal, maka insya Allah, apa yang kita yakini akan di ijabah oleh Allah SWT. Allah mengikuti prasangka hamba-Nya kepada-Nya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter