berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Wednesday, January 18, 2017

Pelajari Masa Lalu untuk Masa Depan

Selasa, 11 Januari 2017. Sebelas hari sudah di awal tahun 2017 berlalu. Datangnya 2017 menandakan kita harus meninggalkan 2016. Untuk pindah ke tempat yang baru, kita harus merelakan tempat yang lama. Cukup jadikan kenangan dan pelajaran. Jangan jadikan penyesalan untuk kedepannya. Karena, tempat lama hanya bisa  mengajarkan kita untuk bisa menjadi individu yang lebih baik ke depannya dari sebelumnya.
Hello fellows, bagamana dengan awal tahun 2017 kalian saat ini ? Sudahkah kalian memiliki planning mengenai hal-hal yang akan kalian lewati di tahun 2017 ? Pelajaran apa yang dapat kalian pelajari dari tahun sebelumnya, 2016. Yakinkah kalian dapat meningkatkan lebih dari sebelumnya ? Sudahka kalian menuliskan perencanaan kalian di tahun 2017 ini ?
“Perencanaan yang spesifik dapat membantu kita untuk mencapai tujuan, impian, dan milestone penting yang ingin dicapai” Rofalina. Memang benar adanya kalimat tersebut. Jika kita memiliki suatu perencanaan yang spesifik, dapat memicu kita untuk mencapai tujuan dan impian yang ingin dicapai. Lebih baik lagi jika perencanaan tersebut dapat kita tulis. Setelah tertulis, kita dapat tempel di dinding-dinding kamar kita atau di tempat yang sering kita lihat.
Tulisan ini berlanjut pada tanggal 15 Januari 2017. Selang empat hari merupakan waktu yang cukup molor untuk menjadi seorang yang konsisten.
Apa gunanya perencanaan yang tertulis ? Pertama, perencanaan tertulis dapat kita lihat suatu waktu kala kita sedang malas atau boring. Dengan melihat perencanaan tersebut, kita bisa jadi terpacu untuk terus berusaha menggapai perencanaan yang sudah kita tuliskan. Kedua, perencanaan tertulis tersebut juga dapat kita jadikan pengingat supaya kita menjadi individu yang disiplin. Menjadi seorang individu yang selalu mempunyai kegiatan yang produktif di setiap waktu. Namun, jangan karena perencanaan tertulis tersebut, kita menjadi kaku dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Jangan jadikan perencanaan tersebut sebagai suatu beban. Tapi jadikanlah sebagai suatu acuan terhadap apa saja yang ingin kita lakukan. Ketiga, perencanaan tersebut dapat juga kita jadikan sebagai suatu deadline terhadap tugas-tugas yang akan kita lalui kedepan. Kelihatannya memang agak awkward, namun jika kita sudah terbiasa melakukan hal ini, waktu yang kita lalui akan menjadi lebih bermakna dan tidak terlewat sia-sia. Masih banyak lagi manfaat menuliskan perencanaan kedepannya.
Sebagai contoh, disini gue akan coba ceritakan pengalaman gue dalam menuliskan perencanaan.
Hal apa saja yang berjalan baik di tahun 2016 ?
1. Banyak  mengerjakan soal dari zenius.net. Hahaha this is make me surprised. Karena pasca jadi maba lagi lol, saat gue lihat kembali soal module dari zenius yang sudah gue kerjakan, ternyata buaanyak buanget. Sampe-sampe gue bingung ingin menyimpannya dimana. Akhirnya gue serahkan ke teman gue yang masih membutuhkan untuk berjuang di ujian selanjutnya.
2. Mulai mengajar di salah satu bimbel sejak 2014 dan mengajar privat. Jadi tutor Matematika untuk kelas 7, 8, dan 9 SMP serta kelas 10, 11, dan 12 SMA. Gue benar-benar menikmati proses mengajar, dari awalnya bisa dibilang nervous sampai bisa jadi having fun seperti sekarang. Rasa senang yang luar biasa bisa membuat mereka(para siswa) mengerti akan materi yang gue ajarkan. Tidak hanya membuat mereka mengerti, namun membuat mereka lebih mengerti akan konsep dalam Matematika adalah rasa puas dan senang tersendiri buat gue pribadi. Sampai-sampai bisa menjadi dekat dan akrab dengan mereka. Tidak hanya akrab di kelas saja, namun akrab dengan mereka di luar kelas juga merupakan proses yang benar-benar sangat gue nikmati hehe.

Abaikan gue HAHA
3. Bisa jadi Mahasiswa lagi di Politeknik Universitas Indonesia. Hal ini benar-benar sangat gue syukuri. Bisa lulus di program studi yang memang sudah gue targetkan adalah hal yang paling gue syukuri di tahun 2016. Walaupun jadi Mahasiswa lagi, namun bagi gue, tidak ada kata terlambat atau Toku dalam menimba ilmu di Perguruan Tinggi HEHE. Gue tidak akan melupakan pengalaman belajar gue saat di Kampus Pendidikan Rawamangun Muka HEHE.
I never forget them !
4. Four month for a new couple. Yeay ! Saving during four month for buying a new couple (my laptop) is something that really unexpectedly. Mulai belajar nabung untuk kebutuhan sendiri adalah hal yang membuat gue impressed terhadap diri gue sendiri. Starting from here, gue mulai mempelajari bagaimana dapat saving a income disamping outcome yang pasti ada :’).
5. Bisa kenal dengan teman-teman seperjuangan yang emang udah satu tujuan, yaitu untuk lulus di Perguruan Tinggi / Program Studi yang sudah ditargetkan. Berawal kenal dari sebuah chat di line, hingga meet up untuk ambis bareng sampai sekarang sudah pada lulus di Perguruan Tinggi / Program Studi pilihan masing2. Hal ini sudah gue ceritakan ditulisan gue, Struggling to PTN dan Salah Jurusan Kuliah ? Jangan Sampai. Buat kalian yang ingin baca, silahkan mampir ke tulisan gue tersebut hehe.
6. Bisa belajar minimal seminggu sekali di Universitas Indonesia. Awalnya hal ini hanya sebuah rencana buat gue, namun akhirnya dapat terealisasikan untuk bisa belajar bareng dengan teman seperjuangan gue di Perpustakaan Pusat (PERPUSAT) Universitas Indonesia. Yang akhirnya, kebiasaan ini menjadi rutinitas gue sehari-hari yang gue lakukan saat ini, yaitu menimba ilmu di Politeknik Universitas Indonesia hehe J.
7. Tetap melahirkan tulisan di Blog yang sederhana ini HEHE. Gue sempat tidak menyangka ternyata masih sempat untuk menulis disamping banyaknya kegiatan ini itu. Memang sih gue sudah mulai tidak konsisten dalam mempublish tulisan gue di blog. Tapi, tetap melahirkan tulisan2 yang bermanfaat masih mending lah ya hehe.
8. Beli barang sendiri dengan hasil jerih payah sendiri. Awalnya ini hanya sebuah mimpi bagi gue. Gue pengen belajar untuk membeli suatu good pribadi dengan hasil jerih payah sendiri. Syukur bisa tercapai juga. Butuh struggle yang emang bener2 serius dan konsisten. Berat memang gue akui, tapi kalau tekad kita sudah bulad untuk mau belajar mengenai hal tersebut, jangan nanggung2 untuk meraihnya.
9. Meningkatkan views blog. Yeah ! Setelah gue coba iseng ikut lomba zenius blog mengenai How Zeninus Changed You, dan gue berkesempatan untuk menjadi salah satu winner dalam lomba tersebut, seketika views gue jadi meningkat drastis hehe. Dari situ gue jadi semakin pede dalam membuat tulisan dan menshare hasil tulisan gue ke social media dan khalayak umum. Awalnya gue sempat tidak percaya atas pencapaian ini, tapi kerja keras memang tidak akan menghianati hasil HEHE J.
Apalagi yaa yang berjalan baik dan gue capai di tahunn 2016 hmm… Mungkin yang dapat gue ingat kurang lebih hanya itu HEHE. Mungkin ada beberapa yang gue tidak ngeh atas pencapaian gue, tapi setidaknya dengan beberapa pencapaian diatas dapat membuat gue semakin pede lagi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya HEHE.
Terus apa aja hal yang tidak berjalan dengan baik di tahun 2016 ?
1. Karena waktu gue lebih banyak tersita belajar untuk menghadapi ujian, blog jadi tidak begitu terurus secara konsisten. Awal pembuatan blog ini actually gue menargetkan dapat menghasilkan minimal satu tulisan dalam satu pekan. Namun karena waktu gue lebih banyak tersita untuk belajar, maka plan gue tersebut tidak sampai.
2. Punya planning tertulis buat bisa olahraga minimal sekali seminggu, eh malah lepas control. Berhubung buanyaak banget kegiatan gue ini itu, membuat diri gue sangat susah untuk bisa berolahraga minimal sekali seminggu. Jangankan sekali seminggu, sekali dalam dua minggu saja juga kadang gue tidak sempat untuk berolahraga :’).
3. Belum juga punya pacar (?) HAHA. Sempat ada pikiran ingin punya pacar saat perjuangan terakhir di SBMPTN 2016 kemarin, tapi apa daya, gue sendiri malah kesibukan dengan belajar mandiri  dan kegiatan2 gue yang lain.
4. GAGAL DI SBMPTN 2016 HAHA ! Ahah ! Gue sangat teramat sedih ketika melihat pengumuman berikut…
Sampai Perjuangan Akhir walau Menyakitkan :')
Karena SBMPTN 2016 kemarin adalah ujian terakhir gue, dan gue gagal, pupus sudah harapan gue :’). Tapi Tuhan punya rencana lain dibalik kegagalan gue di SBMPTN 2016 kemarin hhe. I believe You, You have a good plan for me, God, thank you so much.
Naahh itulah beberapa pengalaman gue dalam menuliskan planning. Bisa terlihat sendiri kan hasilnya gimana. Ya walaupun memang plan tidak harus selalu dituliskan, namun ada baiknya jika dituliskan. Salah satu Plan gue kedepan adalah bisa menghasilkan minimal satu tulisan di blog gue ini dalam satu minggu. At least satu tulisan dalam dua minggu gue mempublish sebuah tulisan HEHE. Apakah gue bisa ? Hmmm. Semoga bisa HEHE.
Wokeh, inilah cerita asli pengalaman gue di tahun 2016 kemarin. Bagaimana dengan cerita kalian di tahun 2016 kemarin ? Apa aja yang sudah lo raih di tahun 2016 kemarin ? HEHE. Apa aja yang gak berjalan baik di tahun 2016 kemarin ? Share cerita kalian di bagian komen yaa J. See you !
By the way, tulisan gue kali ini terinspirasi dari tulisan ka Rofalina (Fanny). Dan ini adalah beberapa plan yang sempat gue tulis dan pajang HEHE.
My Annual Review ☺

Share:

2 comments:

  1. Keren! btw segitu mantepnya ya bikin planning ckckck

    ReplyDelete
  2. Thanks loh hehe. Kudu itu kalo mau bikin planning. Jangan nanggung-nanggung hehe

    ReplyDelete

Follow Me on Twitter