berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Sunday, January 29, 2017

Libur ? Enaknya Ngapain ya ?

Mumpung gue sedang libur kuliah, gue bisa memanfaatkan waktu libur kuliah kali ini dengan beberapa hal yang menurut gue usefull, salah satunya adalah menulis diblog ini hehe. Kalau dibandingkan sewaktu liburan saat sekolah, gue selalu menghabiskan waktu liburan gue saat itu dengan banyak bermain dan hangout. Tanpa menyadari ternyata banyak sekali hal yang bisa dilakukan disaat liburan. Tentunya hal2 yang sekiranya lebih bermanfaat.
Wokeh, ditulisan gue kali ini, gue akan kembali berbagi dengan kalian untuk bisa mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang lebih berguna.
Hmm...
“Loh bukannya liburan itu harusnya emang diisi dengan hal yang positif and fun seperti jalan2 sama temen, keluarga, pacar, gebetan, mantan pacar, mantan gebetan, pacar temen, dan lainnya ?”
“Liburan mah waktunya untuk bebas mau ngapain aja. Liburan adalah waktunya gue terbebas dari beban tugas di sekolah.”
“Liburan enaknya dipake buat refreshing dari kerjaan baik di sekolah, kampus, ataupun tempat kerja.”
Dan lain sebagainya yang mungkin ± intinya hampir sama dengan apa yang sudah gue sebutkan diatas.
Emang gue akuin liburan jauh lebih enak diisi dengan hal2 seperti hangout dengan keluarga, teman, pacar, gebetan, mantan, dan lain sebagainya. Refreshing itu emang penting, banget ! Tapi jangan sampai kita terlena atau terpukau dengan liburan yang seperti itu terus. Menghabiskan waktu dengan terus jalan2 keluar, bermain seharian sampai liburan selesai, pacaran terus, dan hal2 refreshing lainnya.
Liburan bisa saja diisi dengan pengembangan hobi yang kita sukai. Tapi bukan berarti jika hobi lo jalan2 lo jadi mengembangkan hobi lo dalam jalan2 terus ya ahahah. Mengembangkan hobi diisi semisal lo suka bermain bulu tangkis. Mungkin dengan memanfaatkan waktu libur dengan mengembangkan hobi lo tersebut. Lo bisa mempunyai waktu latihan bulu tangkis lebih banyak selagi masa liburan.
Selain itu, liburan juga dapat kita isi dengan mencari peluang untuk tambahan income. Udah libur, gak dapet jajan, tapi malah tetep ada outcome karena harus hangout sama temen2, hayooo. Nah disaat liburan kita dapat mencari peluang untuk bisa mendapatkan income tambahan. Mungkin dengan bisnis kecil2an seperti menjual makanan (gue sih nyebut danusan hehe). Buat lo yang demen nulis kaya gue, lo bisa cari projekan lomba mengenai dunia penulisan. Biasanya terdapat hadiah dalam bentuk materi. Lumayan bukan untuk tambah2 income.
Dengan liburan, kita juga bisa berkesempatan untuk nyari pacar (?) Mungkin saat sekolah atau kuliah atau kerja kita terlalu sibuk dengan urusan tersebut, manfaatkanlah liburan kalian untuk bisa membuka hati untuk orang lain. Mencari orang yang emang sekiranya menurut lo sreg. Okeh fix maafkeun ini ngalur ngidur hehe.
Buat lo lo pada yang emang udah dasarnya orang sibuk berorganisasi, mungkin liburan bisa lo isi dengan kegiatan diorganisasi yang lo ikutkan. Selain dapat mengembangkan diri, waktu kita pun juga akan terisi dengan hal yang emang jauh lebih guna.
Kalian para siswa-siswi SMA kelas XII. Sadar dan ingatkah kalian bahwa sebenarnya waktu kalian di bangku SMA kelas XII tidaklah lama. Kalian akan menghadapi banyak ujian (Ujian Sekolah, Ujian Praktik, Ujian Nasional, Ujian Masuk Perguruan Tinggi, dan ujian2 lainnya) kedepannya. Buat kalian yang sudah menyadari akan hal tersebut dan sudah mempunyai target setelah lulus dari SMA, gue ucapkan selamat. Mungkin kalian akan mengisi waktu liburan kalian tentu dengan sebaik2nya. Probably, ada diantara lo yang memanfaatkan liburan lo di kelas XII dengan mencuri start belajar untuk menghadapi ujian kedepannya, primary Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Nah buat lo lo pada bro and sist yang masih belum menyadari akan hal tersebut, gue harap sadarlah bro and sist. Karena kehidupan setelah lulus di SMA jauh lebih greget dari kehidupan semasa lo sekolah dari TK sampai SMA. Jadi, buat lo lo pada nih anak SMA kelas XII, gue harap sih bisa benar2 memanfaatkan waktu libur lo dengan sebaik-baiknya. Seperi weekend (sabtu dan minggu), bisa lo manfaatkan untuk belajar, ngerjain soal untuk Ujian2 yang akan lo hadapi kedepan. “ Loh kok weenkend tetep dipakai buat belajar juga ? “ Hehe. I think in your situation now, you should take advantage your time as good as good. Karena dengan persiapan jauh2 hingga matang, maka Ujian tidak lagi akan terasa berat. Mendekati hari H, lo hanya tinggal mereview materi2 yang akan diujikan. Lo tidak lagi mereview banyak materi jika lo sudah mempersiapkan dari awal tahun kelas XII. Apalagi, biasanya untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi, peserta ujian tidak hanya dari angkatan atau peserta UN yang baru mau lulus tahun ajaran ini saja, tetapi dua tahun diatas tahun ajaran saat ini. Bisa lo bayangkan bro and sist, banyak para kakak kelas lo yang sudah merelakan waktunya untuk persiapan menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Maukah lo ketinggalan dan kalah dengan mereka ? So, manfaatkanlah waktu lo selama kelas XII ini, terutama waktu liburan, baik liburan semester ataupun weekend (Saturday and Sunday) untuk bisa persiapan menghadapi ujian-ujian yang sudah gue sebutkan sebelumnya.
Kalo emang lebih enak diisi dengan jalan2 gimana dong ?
Okeh memang tidak dapat dipungkiri jika liburan lebih enak diisi dengan hangout dan refreshing sepuasnya sebelum negeri api menyerang kembali. Namun ingat, jangan sampai kita terlena dengan hal tersebut. Karena jika kita lalai akan hal tersebut, waktu kita akan terlewat begitu saja dengan terus melakukan hal tersebut. Coba lo bayangkan waktu lo yang udah terpakai untuk hal tersebut, apakah bisa kembali lagi ? Tentu tidak bukan. Coba lo bayangkan jika semua transaksi di dunia ini dibayar dengan waktu. Jika lo sering melakukan transaksi, maka waktu lo akan terus berkurang. Jika semakin berkurang, maka lama kelamaan akan kehabisan waktu. Jika sudah kehabisan waktu, maka kehidupan kita sudah tiada. Bisa menarik kesimpulan sendiri bukan ? HEHE.
Kita juga dapat mengisi liburan kita bersama keluarga. Jika kita terlalu sibuk saat sekolah, kuliah, ataupun kerja, waktu liburan merupakan moment yang tepat untuk bisa bareng-bareng dengan keluarga. Mungkin bisa diisi dengan liburan bersama ke suatu tempat bersama keluarga. Pergi ke kampong halaman alias pulang kampung. Dan lain sebagainya yang dapat kita manfaatkan untuk lebih banyak waktu bersama keluarga.
Jadi bisa terbayang bukan kalau kita mengisi waktu liburan kita dengan hal2 yang sekiranya jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekedar hangout hingga liburan selesai. Ditulisan gue yang singkat dan sederhana ini, gue hanya ingin menyampaikan pesan yang sangat sederhana, yaitu manfaatkan waktu liburan dengan sebaik-baiknya dan lebih bermanfaat sebelum negeri api datang kembali.
Selamat menikmati liburan kalian !

Yuk share apa aja yang kalian lakukan saat liburan sekolah, kuliah, maupun kerja dibagian comment ya. Barangkali bisa jadi referensi yang lain J.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter