:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Saturday, July 29, 2017

Catatan: Artikel ini menggunakan bahasa kontemporer karena menyesuaikan dengan gaya tulisan yang ada pada Baik Bulir.
Hallo guys, kembali lagi bersama gue Reza Pahlevi. Kali ini gue mau menulis artikel mengenai review dari Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA. Sebuah produk yang diproduksi oleh ASUS. Wokeh langsung aja cekidot guys



Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA

ASUS selalu berupaya menghadirkan perangkat terbarunya. Tentunya dengan perangkat berspesifikasi unggulan serta berupaya menawarkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen. ASUS mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat akan perangkat dengan desain kompak dan berbobot ringan melalui ZenBook UX390UA. Tampil dengan ukuran body yang lebih tipis, ringan, kuat, dan performa yang amazingly, sehingga membuatnya menjadi sangat indah.
Wokeh guys langsung aja, berikut adalah review dari Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dengan desain elegan serta memiliki spesifikasi dewa / tinggi.
Desain
Sewaktu gue melihat spesifikasi dari ketipisan Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA, gue sangatlah kaget guysLaptop ASUS ZenBook 3 UX390UA memiliki desain tipis dengan ketebalan hanya 11.9mm pada bagian tertebalnya. Selain itu, desain Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA juga ramping dengan bobot sebesar 910 gram (termasuk battery). Hal tersebut dapat tercapai oleh ASUS karena dengan materi premium, serta kualitas aluminium seperti pada aerospace membuatnya jadi lebih ringan dari biasanya, tapi lebih kuat juga dari biasanya.
Dengan ketebalan(ketipisan) serta keringanan Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA yang seperti ini, pastilah sangat mudah dan praktis saat dibawa kemana-mana. Apalagi buat kalian yang masih kuliah nih guys kayak gue, jadi gak perlu keberatan dan takut isi tasnya kepenuhan saat membawa laptop / notebook ke kampus.

Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA

Demi menjaga bentuknya yang tipis dan ringan, namun solid, Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dilapisi dengan lapisan 0.4mm sangat kuat dari Corning Gorilla Glass 4, yang mana kekuatannya dua kali lebih kuat dari kaca biasanya.
Mungkin dengan hal ini, ZenBook 3 bisa gue pake buat main Tenis Meja juga kali yaaa kayak divideo Gen Halilintar hehe.


Jika kita bandingkan dengan MacBook Air 13inci, bobot dari Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA masih lebih ringan. Sekalipun kita komparasi dengan MacBookAir 12 inciLaptop ASUS ZenBook 3 UX390UA masih lebih ringan 10 gram. Selain itu, ketebalan Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA lebih tipis yaitu 11,9 mm sedangkan MacBook Air 13 inci 17 mm dan MacBookAir 12  inci 13,1 mm.
Sudah dibandingkan dengan MacBook saja ZenBook 3 masih lebih tipis dan ringan. Sungguh sangat menggoda sekali ya guys untuk bisa memiliki Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA hehe. Kelebihan ZenBook 3 ini sangat bermanfaat untuk gue jika gue memilikinya. Karena bisa menunjang kuliah gue yang setiap hari membawa laptop / notebook ke kampus. Apalagi dengan jarak rumah gue yang cukup lumayan jauh ke kampus, gue jadi tidak perlu takut keberatan saat membawanya ke kampus. Punggung gue juga tidak mudah lelah atau capek saat membawa ZenBook 3 ke kampus.

Perbandingan Ketipisan ZenBook 3

Keunikan lain dari ZenBook 3 terlihat pada penempatan tombol daya yang sejajar(sejajar itu berarti berada pada satu bidang yang sama) dengan tombol keyboard lainnya. Pada umumnya, tombol daya laptop / notebook berada pada lokasi tombol Esc, namun Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA memiliki keunikan sendiri pada tombol dayanya. Tombol daya tersebut umumnya menjadi lokasi tombol Delete. Biar lebih jelas mari kita lihat posisi tombol daya Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA nih guys, cekidot…

Tombol Daya ZenBook 3

Dibawah bagian keyboard yang hadir dengan ketinggian dangkal serta dengan bezel 2.1 mm pada setiap sisinya, ZenBook 3 juga didukung dengan touchpad yang presisi, nyaman, akurasi yang lebih tepat, dan tergolong luas. Namun, akibat luasnya ukuran touchpad ZenBook 3, akan sering kali secara tidak sengaja menyentuhnya dengan telapak tangan saat mengetik. Selain itu, touchpad ZenBook 3 juga ditutupi dengan kaca pada setiap ruangnya.

Dengan kehadiran yang begitu tipis, ASUS menghadirkan satu konektor reversible yaitu USB-C(USB Tpye-C) yang mendukungnya di sisi kanan perangkat. Hanya dengan menggunakan satu adapter / konektor tersebut, ASUS memberikan kemudahan pada tampilan, pengiriman daya, dan transfer data. Selain itu, ASUS juga memberikan semua port yang kalian butuhkan guys, termasuk SD Card Reader, LAN, VGA, HDMI, serta standar USB 3.0, dan port USB-C untuk pengisian daya.
Mantaap guys, hanya dengan menggunakan satu adapter / konektor kita bisa menggunakan ke banyak port. Yuuk mari kita lihat guys penampakan dari adapter tersebut, cekidot…

Adapter ZenBook 3

Keunikan lain dari Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA terdapat pada lampu indikator. Laptop atau notebook pada umumnya, lampu indikator daya dan baterai terletak di posisi yang berbeda. Namun, pada ZenBook 3 terletak pada posisi bersebelahan sehingga memudahkan kalian nih guys untuk melihat lampu saat menyalakan dan mencharge. Posisi lampu indikator daya tepat berada di sebelah port USB Type-C, serta lampu indikator baterai berdampingan dengan indikator daya di sebelah USB Type-C.
Benar-benar amazing guys. ZenBook 3 hanya memiliki dua port yaitu pada bagian kiri untuk headset dan bagian kanan untuk port USB Type-C. Mari kita lihat penampakannya nih guys

USB Typr-C

Performa
Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dilengkapi dengan prosesor generasi ke-7 produksi Intel. Selain itu, Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA juga sudah dilengkapi dengan Sistem Operasi Windows 10. ASUS menanamkan prosesor hemat daya yaitu Intel Core M i7-7500U 2,7GHz, dengan RAM 16GB 2133MHz LPDDR3 dengan konfigurasi memori dua channel dan Memori SSD PCle 512GB, serta grafis Intel HD 520. Dengan seperti ini membuat proses komunikasi antara prosesor dan RAM berjalan simultan. Hal ini akan terasa ketika membuka aplikasi dan saat proses start-up yang berjalan lebih cepat. Saat menggunakannya untuk aktivitas harian, dengan performa tersebut menjadikan ZenBook 3 tidak terasa gangguan lag. ZenBook 3 tetap berjalan dengan lancar saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
Seperti yang sudah diulas sebelumnya, Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA hanya memiliki satu port konektivitas yaitu USB Type-C. Walaupun hanya memiliki satu port konektivitas, port tersebut bisa mencapai kecepatan transfer hingga 10Mbps.
ZenBook 3 memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, yang mampu menampilkan kualitas yang lebih hidup, warna yang lebih nyata dan akurat, memberikan parameter akurasi warna yang luar biasa serta optimalisasi pada setiap gambar. Tingkat kecerahan layar ZenBook 3 juga tergolong baik dan cerah untuk digunakan di luar lingkungan.
Keyboard
Ukuran keyboard ASUS ZenBook 3 penuh dengan backlit keyboard yang membentang dari ujung ke ujung. Selain itu ada hal lain yang lebih mengesankan dari ZenBook 3 yaitu memiliki kedalaman tekanan atau travel distance setiap key 0.8 mm. Hal tersebut akan membuat kalian nyaman saat mengetik guys. Apalagi buat kalian yang suka nulis, kalian pasti betah karena kenyamanan keyboard ZenBook 3.
Dengan ukuran dan jarak antara tombol pada keyboard tersebut dapat membantu kalian guys untuk mengurangi kesempatan typo(salah mengetik/menekan) tombol.
ZenBook 3 juga dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor untuk menambah kenyamanan dan keamanan dalam menggunakannya. Dengan fitur tersebut, kita tidak perlu lagi mengetik password setiap kali login guys. Cukup dengan satu sentuhan sidik jari kalian, kalian langsung login guys. Sungguh praktis!

Sidik Jari ZenBook 3

Walaupun tidak dilengkapi dengan layar sentuh, ASUS juga menghadirkan sejumlah fungsi pada touchpad ZenBook 3 UX390UA. Misalnya, ketika ingin klik kiri hanya tinggal menyentuh satu jari pada touchpad. Untuk melakukan zoom, dapat menggunakan gerakan cubit (pinch) menggunakan ibu jari dan telunjuk. Touchpad ZenBook 3 tergolong responsive, nyaman, dan luas sehingga membuat pengguna ketika menggunakan ZenBook 3 tanpa mouse.

Touchpad ZenBook 3

Layar
Layar ZenBook 3 memiliki kemampuan untuk memberikan hasil yang terbaik. Dengan lebar layar 72% serta memiliki panel NTSC atau besaran warna gamut dan rasio kontras TV-grade 1000:1 membuat kualitas tampilan layar ZenBook 3 menjadi lebish hidup, warna yang lebih nyata dan akurat, memberikan parameter akurasi warna yang luar biasa serta optimalisasi pada setiap gambar yang ditampilkan.
Selain itu, ZenBook 3 juga memiliki Splendid Technology yang mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan sebagi mungkin. Di dalamnya terdapat empat mode yang bisa di setting sendiri oleh pengguna agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain;
Normal Mode adalah mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Mode ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, seperti menulis, mengedit tulisan, dan melihat gambar.
Eye Care Mode adalah mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari kerusakan retina pada mata. Mode ini sangat bagus bagi pengguna yang biasa bekerja berlama-lama didepan layar komputer guna menjaga kesehatan mata.
Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna , serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Hal tersebut membuat pengguna menjadi lebih merasakan gambar menjadi lebih hidup dan penuh warna ketika melihat gambar, baik difilm, foto, dan lainnya.
Manal Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan. Mode ini dapat dimanfaatkan guna mengurangi radiasi saat penggunaan perangkat dalam waktu yang lama.
TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan, dan tingkat responsifitas pada layar.
Terakhir adalah ASUS Tru2life Video yang merupakan teknologi peningkatan video yang luar biasa guna mengoptimalkan tampilan pixel yang berada pada setiap frame video, serta memberikan kontras sebesar 200 persen lebih baik dan tajam.

Layar ZenBook 3

Speaker
Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA memiliki kemampuan audio terbaik bahkan tak tertandingi. ZenBook 3 menggunakan audio produksi Amerika Harman / Kardon (Harman Kardon) untuk menghasilkan suara dua kali lebih kencang dari notebook premium pada umumnya.
ASUS menaruh empat buah speaker pada ZenBook3 UX390UA, dua buah diatas dan sisanya dibawah berdekatan dengan palmrest. Dengan memanfaatkan empat speaker berkualitas tinggi tersebut dan ditenagai empat channel amplifier dapat menghasilkan suara surround yang bebas dari dirtosi, dan suara layaknya sebuah sinema.
Setiap speaker memiliki tugas masing-masing. Bagian atas speaker digunakan untuk bass dan frekuensi sedang. Dua bagian lainya digunakan untuk frekusensi sedang sampai tinggi. Pada speaker bawah ZenBook 3 mempunyai lima magnet supaya menghasilkan suara yang lebih keras.
Tidak hanya itu, kualitas suara juga dapat diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan menggunakan aplikasi AudioWizard.  Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur sendiri suara menjadi lima mode, yaitu music mode, recording mode, gaming mode, speech mode, atau mematikannya.

Speaker ZenBook 3

Baterai dan Sistem Thermal
ZenBook 3 UX390UA dilengkapi dengan baterai yang powerful agar dapat bertahan lama sepanjang hari. Baterai ZenBook 3 menggunakan baterai Lithium-polymer dengan kapasitas tinggi sebesar 40Wh sehingga dapat digunakan hingga 9 jam. Selain itu, baterai ZenBook 3 dapat melakukan pengisian baterai hingga 60 persen hanya dalam 49 menit saja. Amazing!
Sistem Thermal ZenBook 3 dibekali dengan sistem pendingin yang paling dingin, yaitu liquid-crystal polymer dengan ketebalan hanya 0.3mm dan hotpipes tembaga berdinding 0.1mm.

Sistem Thermal ZenBook 3

Naaah itu dia review Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dari gue. Kalo dilihat dari spesifikasi ZenBook 3 memang membuat ngiler para creator nih guys, terutama gue hehe.
Kenapa Pilih ASUS ZenBook?
Wokeh gue akan menjawab pertanyaan ini menjadi tiga bagian, cekidot guys
1. Computer Science (College)
Dengan desain yang tipis, stylish, bezel-less, dan bobot yang sangat ringan dari ZenBook 3 UX390UA, gue bisa mengurangi isi beban dari tas gue saat kuliah. Terlebih lagi jarak dari rumah gue ke kampus cukup dibilang memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, dengan ZenBook 3 UX390UA, gue bisa mengurangi rasa pegal atau capek ketika membawa laptop ke kampus.
Selain itu, dengan melihat spesifikasi dari Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA yang sudah dibekali dengan prosesor Intel Core i7-7500U 2,7GHz, Operating System menggunakan Windows 10, RAM 16GB, dan spesifikasi dewa lainnya yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat menunjang perkuliahan gue yang mana lebih sering menggunakan software yang memang terbilang berat. Dengan ZenBook 3, pastilah gue akan jarang menemukan kondisi dimana laptop atau notebook menjadi hang atau lag ketika menjalankan banyak program. Oleh karena itu, dengan menggunakan ASUS ZenBook 3 UX390UA, gue bisa menjalani kuliah, belajar mandiri, dan aktivitas komputasi lainnya tanpa mengalami hang atau lag.
2. Teaching and Editing
Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dapat mendukung gue dalam hal ngajar. Kenapa bisa? Karena gue sudah ada plan untuk membuat video pembelajaran di youtube dengan melakukan editing video menggunakan ZenBook 3. Dengan spesifikasi ZenBook 3 yang sudah gue review diatas, gue akan dengan semangat dan lancar dalam editing video pembuatan konten youtube ngajar gue.
Selain untuk ngajar, gue juga sudah mulai belajar editing video. Kebetulan saat semester satu silam gue mendapatkan mata kuliah Multimedia serta mendapatkan projeck editing video. Berhubung laptop yang gue gunakan saat itu masih terbilang standar(biasa), maka hasil editing video gue untuk pertama kalinya masih sangat sederhana, cekidot hasil pertama gue belajar editing video


Selain untuk editing video, gue juga sudah mulai belajar membuat animasi. Sewaktu semester satu, dengan menggunakan laptop seadanya, gue pun bersabar untuk mempelajari pembuatan animasi. Ternyata animasi yang hanya beberapa detik saja, proses pembuatannya sampai sekian frame, super sekali guys.
Narsis dikit boleh lah ya guys, berikut merupakan hasil animasi gue sewaktu belajar membuat animasi hehe. Gue pun juga sempat membuat How To untuk animasi berikut...
Bounching Ball



Stick Man

3. Hobby (Writing)
Dengan menggunakan Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA, selain gue gunakan untuk penunjang kuliah gue, ngajar serta editing video, gue juga dapat menggunakannya untuk mengembangkan hobi gue yaitu menulis. Dengan Splendid Technology dari ZenBook 3, gue bisa tahan lama nulis didepan layar.
Wokeh guys mungkin segini aja review Laptop ASUS ZenBook 3 UX390UA dari gue, berikut adalah spesifikasi secara ringkas dari ZenBook 3. Cekidot guys
Prosesor
Intel Core i7 7500U Processor
Sistem Operasi
Windows 10 Home
Memori
16GB LPDDR3 2133MHz SDRAM Onboard Memory
Display
12.5" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare 60Hz Panel with 72% NTSC
Grafis
Integrated Intel HD Graphics 520
Storage
Solid State Drives: 1TB PCIE Gen3 SSD
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard
WebCam
VGA Web Camera
Networking
Wi-Fi: Integrated 802.11 AC (WIDI Support)
Interface
1 x COMBO audio jack
1 x USB 3.1 TYPE C ports(s)
Audio
Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Premium Technology
Baterai
6 Cells 40 Whrs Polymer Battery
Dimensi
296 x 191.2 x 11.9 mm (WxDxH) (w/ 6cell battery)
Berat
910 g with Battery
Sekuritas
Finger Print Reader
Adaptop Daya
Plug Type: USB TYPE C
Output: 20 V DC, 2.25 A, 45 W
Input: 100-240 V AC, 50/60 Hz universal

Oiaaa, tidak lupa juga dengan ini guys, cekidot, ikutan juga ya buat gini hehe…
Cekidot…

Gen Halilintar


ASUS Indonesia

Wokeh sekian review dari gue guys. Have a nice day guys! And see you in my script, yeah!
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment