berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Sunday, September 4, 2016

Sebuah Resume

Seminggu sudah gue menjalani kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Politeknik (PKKP) di kampus gue sekarang, Politeknik Negeri Jakarta. Terhitung dari Senin, 29 Agustus 2016 gue menjalani kegiatan PKKP. Senin dan Jumat di kampus Politeknik Negeri Jakarta yang terletak di kampus UI Depok. Selasa, Rabu, dan Kamis gue jalanin kegiatan PKKP di Rindam Jaya Bogor bersama Military.
Sebagaimana ospek perguruan tinggi pada umumnya, tugas ospek tak lepas di berikan oleh panitia penyelenggara ospek. Kali ini  gue ingin sedikit berbagi pengetahuan dari salah satu tugas gue, yaitu resume sosialisasi jurusan. Cekidot...
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Jakarta merupakan jurusan yang baru berusia dua tahun di kampus yang dahulu bernama Politeknik Universitas Indonesia. Jurusan  Teknik Informatika dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Jakarta diresmikan pada 2 Juni 2014. Jurusan TIK memiliki fungsi untuk menghasilkan lulusan sarjana sains terapan yang berpengalaman dan mampu memecahkan masalah dalam bidang Teknik Informatik dan Komputer dengan menganalisis, merancang, dan membangun sistem.
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer memiliki tiga program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Multimedia Digital, dan Teknik Multimedia Jaringan. Selain itu terdapat program studi kerja sama dengan CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Strukturalisasi pada Jurusan Teknik Informatika dan Komputer terdiri dari ketua jurusan, SEKJUR 1, SEKJUR 2, KPS 1 (Program Studi Teknik Informatika), KPS 2 (Program Studi Teknik Multimedia Jaringan), KPS 3 (Program Studi Teknik Multimedia Digital), KPS 4 (Program Studi Penerjemah Bahasa Inggris).
Berbeda dengan perguruan tinggi lain, dalam kegiatan perkuliahan Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Jakarta menggunakan sistem paket di setiap semester. Jadi setiap mahasiswa jurusan TIK setiap semester tidak bisa mengambil mata kuliah sesuai dengan apa yang di kehendakinya. Selama proses perkuliahan, mahasiswa harus mengambil kurang lebih 144 SKS sampai lulus. Di jurusan TIK PNJ, kegiatan perkuliahan lebih banyak praktik daripada teori. Dengan persentase 60% praktik dan 40% teori.
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta memiliki visi “Menjadi jurusan Teknik Informatika dan Komputer berkelas dunia di tahun 2029”. Selain itu jurusan TIK PNJ juga memiliki beberapa  misi. Pertama Pendidikan yaitu menyelenggarakan pendidikan berbasis Teknologi Informasi (TI) yang berkualitas, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua layanan yaitu meningkatkan kualitas layanan jurusan yang memiliki kinerja prima dan akuntabel berbasi Teknologi Informasi (TI). Ketiga kerja sama yaitu menjalin kerja sama dengan mitra industri atau non industri berskala nasional dan internasional untuk pengembangan Teknologi Informasi (TI).
Dalam dunia perkuliahan, jurusan TIK PNJ memiliki aturan yang ketat. Diantaranya jika nilai IP ≤ 2,0 maka bisa terancam Drop Out. Selain itu aturan waktu keterlambatan maksimal 114 jam selama satu semester dan jika melebihi batas waktu keterlambatan yang sudah ditentukan maka bisa terancam Drop Out juga. Bagi mahasiswa/i yang ingin mengurangi point keterlambatan dapat melakukan kompensasi dengan membayar keterlambatannya.
Program Studi Teknik Informatika merupakan program pendidikan Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk jenjang Diploma IV pendidikan vokasi. Walaupun akreditasi Program Studi Teknik Informatika masih C, pada bulan april lalu sudah mengajukan reakreditasi, hanya saja nilai reakreditasi belum keluar. Dengan waktu tempuh penyelesain studi 4 tahun sama dengan program sarjana  (S1). Program Studi Teknik Informatika mendapatkan izin dan Dikti pada 17 Desember 2010. Dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 217/D/O/2010.
Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Informatika dapat bekerja mandiri sebagai Tenaga Kerja TIK (Programmer) yang dapat menganalisa, merancang dan membangun sistem informasi berskala enterprise berdasarkan keahlian dalam bidang basis data dan jaringan. Selain itu kompetensi lulusan program studi ini juga dapat bekerja dalam bidang System Developer, Software Engineering, Database Administration, dan Web Developer.
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Jakarta memiliki beberapa himpunan mahasiswa jurusan seperti Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer (HIMATIK). HIMATIK memiliki fungsi menjadi wadah untuk menyalurkan bakat khususnya mahasiswa dari jurusan TIK. Selain itu HIMATIK juga memiliki fungsi untuk menyalurkan ide, minat dan bakat dalam membangun Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Ketua pembentuk HIMATIK adalah Taqy Hanif (2014-2015). Ketua HIMATIK saat ini adalah Yusuf Setya Nugraha.
HIMATIK memiliki beberapa biro dan fungsi. Diantaranya biro bendum memiliki fungsi mengatur keuangan, kas, dan transparansi keuangan. Ada juga biro kesekretariatan yang berfungsi sebagai pengurus administrasi, notulen, absen, rapat, sop, dan lain-lain. Selain itu ada juga biro kreatif yang akan segera dibentuk untuk menampung kreatifitas seluruh anggota HIMATIK.
HIMATIK PNJ juga memiliki beberapa departement dan fungsinya. Diantaranya adalah Departement KOMINFO, Departement DIKTEK, Departement KESMAS, Departement Data Logistik, Departement Kerohanian, Departement Sosial Politik (SOSPOL), dan Departement Sosial Mahasiswa.
Departement KOMINFO yang berfungsi mengatur informasi kepada warga dan menjaga data-data yang bersifat privacy. Departement DIKTEK bertugas meningkatkan kualitas akademik. Departement KESMAS menjaga kebersihan dan kesehatan demi kelangsungan organisasi dan lain-lain. Departement Data Logistik, mengatur/memanajemenkan logistic dan dana kegiatan. Departement Kerohanian, meningkatkan kualitas keimanan dalam berorganisasi. Departement Sosial Politik (SOSPOL), membahas sesuatu yang berhubungan dengan nasionalisme dan mengklarifikasi isu-isu yang beredar. Departemen Sosial Mahasiswa bertugas melakukan pendekatan dengan para anggota supaya terjadi hubungan timbal balik yang harmonis dan dapat sukses bersama.
Selain memiliki beberapa departement, HIMATIK PNJ juga memiliki dua KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) yaitu Computer Student Club (CSC), Sahabat PNJ (SPNJ), dan Cops TIK.
Computer Student Club (CSC) berdiri sejak 8 Maret 2012. CSC memiliki beberapa divisi diantaranya adalah Eksplorasi, Software Development, dan Security. Di eksplorasi mahasiswa bisa belajar mengeksplor perangkat komputer, perangkat jaringan komputer, dan networking. Selain itu, pada Software Development, mahasiswa dapat mempelajari algoritma pemrograman. Dan  di Security mahasiswa dapat mempelajari mengenai keamanan, hacking, dan lain-lain.
Sahabat PNJ (SPNJ) memiliki beberapa divisi yaitu Website, Android, dan Humas. Divisi website menaungi pembelajaran web, project, pembuatan website, dan lain-lain. Divisi android mendalami seluk dan pembuatan aplikasi android. Divisi humas mengatur media partner/kerja sama.
COPS TIK merupakan salah satu tempat di mana mahasiswa/i jurusan TIK dapat mengembangkan hobi mereka di bidang olahraga. Mahasiswa/i dapat berlatih bersama dengan kakak tingkat untuk mengembangan hobi dalam bidang olahraga. Beberapa bidang olahraga yang terdapat pada COPS TIK adalah futsal, basket, bulu tangkis, dan silat.
Share:

1 comment:

Follow Me on Twitter