berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Friday, June 19, 2015

Marhaban ya Ramadhan

Subhanallah, Marhaban ya Ramadhan. Mari kita gunakan kesempatan Ramadhan tahun ini dengan perbanyak  amal  ibadah. Karena akan dilipat gandakan balasan amal yang dikerjakan oleh Allah SWT. Pada kesempatan kali ini, gue sedikit share disini, blog gue pastinya, sedikit pencerahan yang gue dapatkan dari account Line Ramadhan. Daripada hanya ada di handphone gue saja, lebih baik gue share disini agar bisa menambah knowledge kita.
Marhaban ya Ramadhan! Selamat datang, Ramadhan! Inilah kalimat yang terdengar menjelang Ramadhan, bahkan masih terdengar walau ia sudah hadir.
"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa." ( HR Ahmad dan An-Nasa'I )
Jika kita yang mengucapkan selamat datang, maka berarti kita adalah tuan rumah yang dikunjungi. Betapa terhormatnya kita dikunjungi oleh bulan yang sangat mulia, Ramadhan.
Sebagai tuan rumah, jadilah tuan rumah yang baik, melayani tamu dan melakukan yang diharapkan oleh sang tamu. Berusaha penuhi permintaannya dan tidak cuek dengan tamu kita. Hanya tuan rumah yang baik, yang pantas menyebut "Marhaban ya Ramadhan".
Subhanallah, oleh karena itu, dengan datangnya bulan Ramadhan, seolah-olah kita kedatangan tamu yang begitu diberkahi oleh Allah. Dimana hanya 1 bulan dalam setahun. Jangan kita sia-siakan kesempatan Ramadhan kali ini, belum tentu kita dapat bertemu kembali dengan Ramadhan selanjutnya. Ibarat seseorang yang kita sayang, kita suka, kita cintai, datang mengunjungi rumah kita, pastilah kita sangat senang akan kehadirannya bukan. Karena ada batasan waktu akan kedatangan dia, maka tentunya kita tidak mau kehadiran dia kita sia-siakan begitu saja. Mungkin adakalanya kita menuruti apa yang diminta olehnya. Dan jangan sampai kita mencuekkan dia, tamu istimewa kita. Sama halnya dengan bulan Ramadhan. Mari kita perbanyakan melakukan ibadah, terutama perbanyak sunah, seperti tilawah Qur'an, sedekah, salat berjamaah di masjid bagi laki-laki. Mengajak seseorang kepada kebaikan. Dan amal-amal perbuatan lainnya yang dapat kita lakukan. Tapi ingat, kita melakukan ini semua hanya semata-mata karena mencari ampunan dan ridha dari Allah SWT, agar kelak di hari kemudian(hari kiamat), kita termasuk orang-orang yang beruntung. Aamiin.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter