berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Friday, December 19, 2014

The Secret Of Jum'at

            Jum’at, hari dimana penuh berkah untuk setiap muslim. Hari dimana diletakkan oleh Allah pada hari ke lima(teritung dari Senin). Hari dimana Allah SWT mengizinkan negara kita tercinta ini, Indonesia, untuk memproklamasikan kemerdekaan setelah sekian lama dijajah oleh  negara asing.
Hari dimana hari kiamat pasti terjadi. Hari dimana hanya hari Jum’at yang tercantum dan dijadikan sebagai surat didalam kita suci orang muslim, Al-Qur’an, yaitu Al-Jumu’ah. Hari dimana doa di mustajabkan oleh Allah. Dan masih banyak lagi rahasia-rahasia didalam hari Jum’at.
            Tulisan kali ini akan sedikit sharing mengenai Adab di Hari Jum’at dan Keistimewaan Hari Jum’at.
Bismillahirrahmanirrahim.
Yuk mari kita ikuti tuntunan sunnah Rasulullah Saw berikut agar amal ibadah di hari Jum’at tidak berlalu sia-sia:
            ADAB HARI JUM’AT
1.      Memperbanyak  Shalawat Nabi
“Sesungguhnya hari-hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku didalamnya, karena bacaan shalawat kalian akan ditunjukkan kepadaku!”, kemudian para sahabat bertanya,”Wahai Rasulullah Saw, bagaimana bacaan shalawat kami akan ditunjukkan kepada engkau padahal engkau telah menjadi tanah ?” Rasulullah menjawab:”Sesungguhnya Allah SWT telah mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para Nabi.”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Nasai)
2.      Mandi dihari Jum’at
Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri RA. Bahwasanya Rasulullah Saw pernah bersabda:”Mandi pada hari Jum’at(akan shalat Jum’at) adalah keharusan atas setiap orang muslim yang sudah baligh(telah sampai usia untuk menanggung semua amalnya), demikian pula bersiwak dan memakai wewangian semampunya”.
Mandi Jum’at diwajibkan bagi pria yang baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita,  orang sakit dan Ibnu Sabil. Waktu mandi adalah sebelum berangkat shalat Jum’at. Tata cara mandi Jum’at ini sama halnya mandi janabat (mandi sempurna dimulai dengan niat dan berwudhu dan membasahi seluruh tubuh dengan air tanpa terkecuali)
3.      Minyak Wangi dan Tidak Menggeser Tempat Duduk Orang Lain
“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya lalu memakai minyak rambut/minyak wangi, kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang/menggeser tempat duduk orang lain, lalu shalat sesuai ditentukan baginya, shalat sunnah dua rakaat tahiyatul masjid, dan ketika imam memulai khutbah Jum’at dia diam dan mendengarkannya, maka akan diampuni dosanya mulai hari Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya (HR. Bukhori & Muslim)
4.      Bersergera Berangkat Ke Masjid
Anas bin Malik berkata : ”Kami berpagi-pagi menuju shalat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at”(HR. Bukhari)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra.  Ia berkata: Rasulullah Saw bersabda (yang artinya) Pada setiap hari Jum’at pintu setiap masjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu per satu orang yang datang ke shalat Jum’at, apabila Imam duduk/naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu bersiap-siap mendengarkan khutbah. Perumpaan orang yang datang awal seperti orang yang berqurban onta, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang yang datang berikutnya seperti berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedekah ayam, dan orang yang datang berikutnya(kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur (HR. Bukhari & Muslim).
5.      Shalat Sunnah dan Diam Abu Hurairah RA
Menuturkan bahwa Nabi Saw bersabda : “Barangsiapa mandi lalu datang untuk shalat Jum’at dan dia diam untuk mendengarkan khutbah Jum’at hingga selesai kemudian ia shalat bersama Imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya ditambah tiga hari”(HR. Muslim)
6.      Tidak Memeluk Lutut Ketika Khutbah Disampaikan
Sahal bin Muad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah Saw melarang Al-Habwah (duduk sambil memeluk lutut) pada saat ibadah Jum’at ketika Imam sedang berkhutbah (HR. Abu Daud dan Tirmiji)
7.      Shalat Sunnah Setelah Shalat Jum’at
Dari Abu Hurairah Ra. Ia berkata Rasulullah Saw bersabda “Apabila kamu setelah shalat melakukan shalat Jum’at, maka shalatlah empat rakaat.” Riwayat lain : kata Suhail, “Jika kamu tergesah-gesah karena ada suatu sebab, maka shalatlah dua rakaat di masjid, dan dua rakaat di rumah. (HR. Mulim dan Tirmiji)
8.      Membaca Surat Al-Kahfi
Abu Said al-Khudri RA.meriwayatkan. Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan bersinar baginya cahaya diantara dua Jum’at. (HR. Hakin dan Baihaqi).
            KEISTIMEWAAN HARI JUM’AT
1.      Hari Paling Istimewa
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Ra. Bahwasanya Rasulullah Saw, bersabda: “Hari yang paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dan dimasukkan kedalam surga, dan dikeluarkan darinya. Pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut ada satu waktu dimana seorang mukmin shalat menghadap Allah Swt mengharapkan kebaikan, maka Allah akan mengabulkan permintaannya”(HR. Muslim)
2.      Hari Bagi Kaum Muslimin
Dari Huzaifah dan Rabi bin al-Harasyi RA. Bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari Jum’at, Yahudi pada hari Sabtu, dan Nasrani pada hari Ahad. Kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari Jum’at. Mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini, dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)
3.      Hari Paling Mulia
Dari Abu Lubabah bin Ibnu Munzir berkata : Rasulullah Saw bersabda : “Hari Jum’at adalah penghulu hari-hari, dan hari paling mulia disisi Allah Swt. Hari Jum’at lebih mulia dibanding hari Idul Fitri dan hari Idul Adha Hari Jum’at disisi Allah Swt.
Pada hari Jum’at terdapat lima peristiwa , diciptakannya Adam dan diturunkannya kebumi, dan diwafatkan, dan pada hari Jum’at terdapat waktu yang mana jika seorang hamba meminta kepada Allah Swt, maka akan dikabulkan doanya, selama tidak memohon yang haram, dan pada hari Jum’at pula akan terjadi kiamat..
Tidaklah seorang Malaikat yang dekat disisi Allah di bumi dan di langit kecuali akan dikasihi pada hari Jum’at (HR. Ahmad).
4.      Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa
Pada hari Jum’at ada satu waktu yang jika seorang melakukan shalat didalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Swt, pasti permintaannya akan dikabulkan, lalu beliau menunjukkan isyarat dengan tangannya, yang menunjukkan pendeknya waktu itu (HR. Bukhari dan Muslim).

            Subhanallah, sungguh banyak sekali rahasia di balik hari Jum’at. Bisa kita bayangkan bila kita mengikuti tuntunan sunnah dari baginda Rasulullah Saw., kita bisa mendapatkan pelajaran seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. Terlebih lagi, bila kita selama beribadah kepada Allah tidak tergesah-gesah, pastilah akan ada balasan kebaikan yang akan menghampiri kita, aamiin.
            So, setelah kita mempelajari dan mengetahui akan hal ini, akan baiknya kita untuk mempraktikkannya. Dan tidak kalah penting juga untuk mensiarkan ilmu ini. Karena Islam menganjurkan untuk terus berdakwah. Hopefully, this articel can giving benefit for you, aamiin.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter