berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Wednesday, July 15, 2015

Muhasabah Salat Tarawih

Lagi nih man, sedikit kultum dari Line Ramadhan gue share disini. Yaps, agar semua bisa mengetahuinya walaupun sudah ada yang mengetahuinya. Tapi tidak ada salahnya jika niat untuk belajar. Mungkin kalo setiap ada ceramah, yang ada niatan untuk menshare di dunia maya seperti ini bagus kali ya, selain bisa dibaca setiap saat, bahan pelajaran, dan juga bisa untuk mengingatkan satu sama lainnya. Yasudahlah, untuk sementara ini, kita simak terlebih dahulu kultum dari Line Ramadhan kali ini...
Tahukah Sahabat LINE?
Shalat tarawih memiliki arti istirahat, karena orang yang melakukan shalat tarawih beristirahat setelah melaksanakan shalat empat raka’at (Isya). Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat malam. Akan tetapi shalat tarawih ini dikhususkan di bulan Ramadhan. Jadi, shalat tarawih ini adalah shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan.
Shalat tarawih bisa dilakukan dalam 8 atau 20 rakaat dan kemudian ditambahkan dengan 3 rakaat shalat witir. Sahabat LINE ingin tau keutamaan shalat tarawih? Berikut hadits yang membahasnya.
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:  “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (yakni sholat malam pada bulan ramadhan) karena iman dan mengharap pahala dan ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Al-Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).
Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih hukumnya adalah sunnah (dianjurkan). Bahkan menurut ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Malikiyyah, hukum shalat tarawih adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan).  Shalat ini dianjurkan bagi laki-laki dan perempuan karena shalat tarawih merupakan salah satu syi’ar Islam.
Namun sangat disayangkan, salat Tarawih hanya pada awal-awal Ramadhan saja rame dibeberapa masjid, apabila sudah mendekati lebaran, tidak jarang ditemukan jamaah salat Tarawih masih sebanyak awal bulan Ramadhan.
Share:

2 comments:

Follow Me on Twitter