berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Saturday, October 25, 2014

Contoh Resensi Buku



Albert Einstein

Judul Buku      : Siapakah Albert Einstein
Pengarang       : Jess Braillier
Penerbit           : PT Grasindo
Tebal Buku      : 112 halaman

            Albert Einstein lahir di Ulm, Jerman pada 14 Maret 1879. Albert Einstein merupakan murid sangat miskin yang dikeluarkan dari sekolah. Albert juga seorang pecinta damai yang benci perang. Albert adalah seorang yang pemalu dan benci akan publisitas, dia juga benci menjadi pusat perhatian. Konon Albert tidak berbicara sepatah kata pun sampai berumur tiga tahun.
            Ketika Albert Einstein berusia lima tahun, Maja Einstein, adiknya lahir. Pada saat usia lima tahun pula, keluarga Albert pindah ke kota Munich di Jerman. Albert Einstein di sekolahkan oleh kedua orang tuanya di sekolah dasar Katolik. Albert sangat menyukai sekolah dasar. Namun, setelah dia berumur 10 tahun, hal itu berubah ketika dia mulai masuk sekolah menengah. Albert Einstein tidak pernah cocok dengan teman-temannya di sekolah. Dia membutuhkan saudara laki-laki yang lebih tua darinya. Bagi Albert,  Max Talmey adalah saudara laki-laki yang lebih tua. Max Talmey adalah mahasiswa kedokteran dan teman keluarga Albert. Max membawakan Albert banyak buku dari Universitas lokal (hal 18).
            Tepat pada tahun 1894, ketika Albert berumur lima belas tahun, Max pindah ke Amerika, begitu pula dengan keluarga Albert. Kelurga Albert pindah dari Jerman ke Italia dikarenakan bisnis ayahnya. Sementara Albert harus tetap tinggal di Jerman untuk menyelesaikan sekolahnya. Setelah Albert lulus dari sekolah menengah atas di Swiss, karena di Jerman Albert dikeluarkan dari sekolah dan dia membenci sekolah di Jerman, Albert memutuskan untuk tinggal di Swiss dan kuliah di Swiss Federal Polytechnic di kota Zurich (hal 30). Meskipun demikian, pada masa itu ada hal-hal yang menyenangkan juga. Salah satu teman barunya di kelas, yaitu Mileva Maric, merupakan seorang pemikir yang brilian seperti Albert. Tak lama kemudian, Albert dan Mileva mengumumkan rencana pernikahan mereka.
            Setelah lulus dari akademi tahun 1900, Albert siap menjadi guru fisika. Namun, ia tidak mendapatkan pekerjaan sebagai guru. Kondisi kesehatannya pun menurun. Tanpa pekerjaan, ia tidak dapat menikahi Mileva. Akhirnya Albert memutuskan menerima pekerjaan di Kantor Hak  Paten Swiss.
            Tahun 1905, Albert Einstein mendapatkan gelar doktor fisika dan menemukan teori Relativitas. Setelah mengalamai pro dan kontra, akhirnya Albert mendapatkan hadiah Nobel pada 1922 dan memberikan uang hadiahnya kepada Mileva. Pada 1933, Albert Einstein dan istri keduanya pindah ke Princeton, New Jersey, Amerika Serikat dikarenakan Albert menjadi profesor matematika disalah satu Institute di Princeton.
            Pada 1948, kesehatan Albert sangat memburuk. Setelah beberapa tahun kemudian, setelah sakit pendek yang dideritanya, Albert dimasukkan ke rumah sakit Princeton. Setelah dirawat beberapa lama, penyakitnya makin parah. Akhinya pada tanggal 18 April 1955, Albert meninggal dunia. Albert Einstein meninggal dunia diusianya yang ke 76 tahun dan dikuburkan di Princeton.
            Ilustrasi Albert Einstein menjadi keunikan tersendiri untuk dibaca. Nama kedua  istri Albert Einstein pun dijelaskan. Terdapat juga momen-momen penting dalam kehidupan Albert Eintein. Namun, ilustrasi yang disajikan masih kelihatan seperti coretan pensil.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter