:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Sunday, April 12, 2015

Hii.. Nah kali ini gue mau berbagi kepada kalian nih gimana sih caranya biar bisa membuat sebuah link / url sebuah website jadi gak bisa dibuka di computer atau notebook atau netbook. Terminologinya ngeblock sebuah website lah ya biar lebih keren dikit hhe. Okeh hal ini gue pelajari dari sebuah website “How To Block aWebsite in All Web Browsers”.
Gue mengetahui info ini setelah gue baca blog dari zenius.net (ya lagi-lagi gue sering banget nyebut zenius.net ditulisan gue, kenapa ? Karena gue memang suka berselancar dengan zenius.net).
Kala iu gue sedang membaca dua artikel zenius.net di zeniusblog. Gue lupa ada dicomment artikel mana diantara “Catatan Perjuangan Tutor Zenius menempuh SBMPTN - part 01” sama “Catatan Perjuangan Tutor Zenius menempuh SBMPTN – part 02”. Soalnya comment dikedua tulisan tersebut udah banyak  banget hhe.
Okeh cukup sampe disini dulu, sekarang gue langsung balik lagi ke pembahasan awal tadi, “How To Block a Website in All Web Browsers”. Kalo dari web “How To Block a Website in All Web Browsers”, isinya adalah Bahasa Inggris semua :p. Disini gue akan berusaha untuk membuat versi Bahasa Indonesia dan versi guenya. Intinya juga sama aja, yaitu adalah memblock website. Wokeh langsung aja dari langkah pertama...

1.      Langkah pertama adalah menyalakan computernya terlebih dahulu (ini ya jelas lah ya anak SD juga tau :p). Okeh selepas itu tekan gambar windows pada keyboard sambil menekan R pada keyboard. Nanti akan muncul seperti ini...

Windows + R

Setelah itu, substitusikan C:/Windows/System32/drivers/etc pada kolom yang tersedia. Langsung klik OK atau Enter pada keyboard. Nanti akan ada tampilan seperti berikut ini...


Isi C:/Windows/System32/drivers/etc

Jika tidak bisa menggunakan step windows + R, bisa masuk melalui bagian System (C:) -> Windows -> System32 -> Drivers -> etc. Kalau mengikuti step kali ini dengan benar, pasti akan menemukan tampilan seperti tampilan sebelumnya (pada step windows + R).
2.    Langkah kedua double klik pada hosts. Jika keluar tampilan seperti ini


Choise Notepad

Pilih notepad. Dan jeng-jeng akan muncul tampilan seperti berikut...


Isi File Hosts
3.    Scroll down dan temukan “127.0.0.1 localhosts” atau “::1 localhosts.” Jika sudah ketemu, bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
4.     Tahap kali ini tinggal menekan enter dibawah “::1 localhosts”.

5.     Pada tahap kelima ini, kita bisa menuliskan website yang ingin kita block dengan mendahulukan menuliskan 127.0.0.1 lalu diikuti dengan 1 spasi, kemudian tuliskan website yang ingin diblock. Seperti ini contohnya :


Example

Sesudah itu, tambahkan beberapa domain dibaris baru seperti menambahkan www.facebook.com dan m.facebook.com. Komputer mungkin memblok www.facebook.com tapi tidak m.facebook.com.


Penambahan
6.     Okeh hampir mendekati tahap terakhir, setelah melakukan tahap 1 sampai 5, tahap kali ini, yaitu tahap ke 6, kita tinggal save. Seperti ini :


Save

Jika membutuhkan “change administrator permissions” pada saat disave, klik kanan pada hosts tadi lalu klik Properties -> Securitiy dan buat semua pada kolom Allow menjadi dicheklist semua. Untuk mengubahnya dapat dilakukan dengan mengklik tulisan edit. Hasil akhir seperti ini :


Administrator Permissions

Jika sudah selesai diedit langsung kllik OK. Yaps hampir selesai. Sekarang tinggal save file hosts tadi ke dekstop sebagai backup dari file hostsnya. Dan jeng-jeng-jeng... silahkan dibuka website yang sudah diblock tadi. Jika berhasil maka akan keluar tampilan seperti ini :
This Web Page Is Not Available
Akhirnya selesai juga step untuk memblock website kali ini. Bagi gue hal ini penting banget. Karena apa, disatu sisi kita bisa memblock situs website terlarang(ya walaupun harus memasukan one by one urlnya) pada computer pribadi. Bisa memblock website yang mengganggu kita pada saat kita sedang belajar, mengerjakan tugas, mencari informasi dengan berselancar melalui internet. Karena memang tidak dapat dipungkiri buanyaaaak bangeeeeeet godaan dan distraction selagi kita sedang bernetizen ria. Wokeh gue ucapkan congratulation buat kalian yang berhasil ngikutin step gue ditulisan kali ini. Sampai ketemu lagi ditulisan gue selanjutnya J

0 komentar:

Post a Comment