berBAgi, Inovatif, Kreatif, distriBUtif, reaLIstis, kRitis

Pages

Wednesday, February 25, 2015

Full Story

Terkadang lagu membuat kita mengingatkan akan suatu hal atau seseorang. Entah itu suatu hal disaat kita sedang having fun abis, bareng temen-temen, atau mungkin gebetan dan pacar, atau bisa juga dikala kita sedang bersedih. Selain itu, lagu juga bisa mengingatkan kita pada suatu kejadian dimana disaat kejadian itu kita mendengarkan lagu tersebut.
Probably, ada juga diantara kita menjadikan sebuah lagu sebagai suatu peluang atau representasi untuk mengungkapkan perasaan kita ke gebetan kita. Bisa juga disaat kita sudah succes berhasil mendapatkan gebetan, disaat sedang berkasmaran ria dengan doi, kita menjadikan sebuah lagu untuk mengingat dia. Lagu pun juga bisa menjadi bulu cambuk atau motivasi kita tatkala kita sedang down. Seperti ketika kita melihat video Ospek PTN impian, dari sebuah lagu kita bisa jadi semakin semangat tatkala kita mendengarkan dan sering mendengarkan lagu tersebut. So, hanya dengan melalui lagu, kita bisa merepresentasikan segala sesuatu.
Nah kali ini gue coba sedikit sharing lagu apa aja yang membuat antar neuron dalam otak gue langsung merefleksikan suatu moment dalam ingatan gue ketika gue mendengarkan beberapa lagu berikut...
Pertama, Andra & The Backbone ~ Sempurna


Awalnya gue menyukai lagu ini adalah petikan gitarnya. Seperti yang kita tau, petikannya memang balik-balik aja chordnya. Tapi gue heran, masih belum jago juga buat memainkannya. Gue jadi teringat ketika mendengarkan lagu ini sewaktu gue mengikuti kegiatan Lembaga Kajian Mahasiswa di kampus waktu itu. OCAB namanya. Kalo dijabarain, OCAB itu, “Orientasi Calon Anggota Baru”. Sedih ya, masih baru calon. Sewaktu OCAB kemaren, gue gila-gila ngasah dan belajar mengenai 3 hal, Penulisan, Public Speaking, dan berani untuk mengungkapkan apresiasi didepan umum. Karena ada penugasan untuk membuat semacam PKM(Program Kreativitas Mahasiswa), gue pun jadi semakin berpusing ria bersama teman-teman kelompok gue kala itu. (kasih photo waktu ocab). Mempresentasikan hasil PKM perkelompok sampai tengah malam itu memang membutuhkan banyak kesabaran, ketabahan, dan sedikit membiasakan mata untuk  selalu melek. Bayangin aja tengah malem gue beserta kelompok gue  kedapatan untuk mempresentasikan hasil PKM kita. Dan alhasil wah banget, tidak semudah yang gue bayangkan ternyata. Okeh okeh itu sebenernya sedikit intermezo dari gue sewaktu gue OCAB.
Sewaktu malam terakhir kegiatan OCAB, kita(panitia dan peserta OCAB) mengadakan api unggun didekat tempat penginapan waktu itu. Masing-masing kelompok harus menampilkan sesuatu untuk sekedar having fun. Nah diacara itu lah, gue melihat senior gue di LKM membawakan lagu Sempurna dengan gitar. Dia membawakan bersama dengan kelompoknya. Gue pun penasaran kenapa dia begitu lancar dalam memainkannya sampai-sampai gue terbawa alunan petikan tangan yang memetik senar gitar. Keesokan harinya sebelum outbound, gue pun berkesempatan untuk belajar dengan dia. Gue pun mencobanya setelah dia mengajarkan gue cara memetik senarnya. Tidaklah mudah ternyata. Sejak itu lah, hampir setiap gue mendengar lagu ini, tangan gue gatel untuk terus mencoba memaikan chord lagu ini. Ya walaupun tidak sejago dia. Dan neuron didalam otak gue membuat ingatan kegiatan waktu itu terbuka kembali seakan gue merasakan kegiatan itu lagi. Dan inilah gue beserta teman kelompok dan tutor kelompok gue sewaktu acara tersebut...

Hegel
Pitbull feat Kesha ~ Timber & Macklemore and Ryan Lewis ~ Can’t Hold Us



Mulai gue mengenal lagu ini ketika gue MPA/Ospek di UNJ kemaren. Sewaktu penutupan MPA kemaren diputerin  lagu ginian. Ditengah-tengah terik matahari, seluruh mahasiswa baru UNJ kala itu diajak bergoyang dengan lagu ini. Gue liat yang mimpin gila parah haha. Tapi memang asik seru abis gue bilang. Diakhir-akhir ospek dikasih something yang berkesan untuk para mahasiswa barunya. Probably dengan lagu ini bisa bikin semangat lo yang mau melanjutkan studi pendidikan lo ke UNJ hhe.
Westlife ~ When You Tell Me That You Love Me


I think, this is song very so sweet. Why ??? Ya bisa lo dengar sendiri lah ya dari lyric lagunya. Gue jadi teringat pelajaran Bahasa Inggris sewaktu gue diputih abu-abu yang lalu. Guru English gue menyetel lagu ini dan membuat gue dan temen-temen sekelas gue untuk menyanyikan lagu ini. Pada saat itu ada sebuah lagu lagi yang membuat gue dan temen-temen sekelas gue bernyanyi.
Waktu itu, ketika gue mengikuti kegiatan mabim di Halim Perdana Kusuma bersama prodi Pendidikan Teknik Elektronika, gue mendengar temen gue menyetel lagu ini dengan earphone nya. Dan gue pun suka teringat akan kejadian itu tatkala gue mendengarkan lagu ini.
Philip Philips ~ Gone Gone Gone


Gue terinspirasi lagu ini dari film The Amazing Spider Man : Rise Of Electro.  Kalo lo tau filmnya berarti lo pernah denger lagu ini. Seperti yang lo tau, kalo emang udah pernah nonton filmya, gue melihat Pieter Parker difilm itu benar-benar sangat ama sayang pada Gwen. Walaupun mereka pernah gundah gulana karena Ayah dari Gwen meminta kepada Pieter untuk menjauhi Gwen. Sampai pada akhirnya, ketika Gwen meninggal, Pieter Parker pun hampir setiap hari kepemakaman Gwen. Disini gue liat, cinta yang sesungguhnya memang lebih baik seperti ini. Gue jadi teringat akan kisah Habibie dan Ainun. Tatkala alm. Ainun dipanggil terlebih dahulu oleh Yang Maha Kuasa, Pak Habibie dengan setianya menemani dan meneteskan air mata dipemakaman beliau, alm. Ainun. Bahkan gue pernah dengar, Habibie ingin membuat sebuah formula dari energi cinta dia kepada alm. Ainun. Very so sweet. Oia by the way buat lo yang ingin melanjutkan Pendidikan lo di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, mungkin video berikut bisa membuat semanga lo menjadi semakin dan semakin on fire...



Oh Honey ~ Be Okay


Naaaaaaah ini dia nih, satu-satunya lagu yang sampe sekarang bikin gue terus on fire buat terus belajar dan mengejar..... hhe.  Wah sumpah pokonya ini lagu bikin semangat gue very on fire deh. Gue jadi suka teringat tutor di zenius.net, Sabda PS. Oia by the way about him, gue udah pernah cerita sebelumnya ditulisan gue yang UN, SBMPTN, UMPTN Bareng Zenius.net. Pokonya bener-bener bikin gue on fire parah lah kalo denger lagu ini. Oia, by the way, buat lo yang mau kuliah di ITB kaya gue ditahun 2015 ini, mungkin video berikut bisa bikin lo tambah on fire ... and hopefully, lo lulus diterima di ITB bareng gue untuk tahun ini, aamiin...


Waduh banyak juga ternyata ya lagu yang bikin gue jadi teringat akan  segala sesuatu.  Dimulai dari semangat belajar, meraih cita-cita dan keinginan, perasaan cinta dan gundah gulana, persahabatan, semasa SMA atau sekolah, dan lain-lainnya. Memang otak itu menyukai segala sesuatu yang indah. Oleh karena itu, buat lo-lo pada yang belajar kayanya berat banget, coba deh lo samain dengan sistem kerja dari otak itu sendiri.
Karena gini, otak itu menyukai sesuatu yang indah. Ya memang tidak semua orang juga sih sama seperti itu. Tapi jika melalui lagu saja bisa membuat kita jadi teringat akan suatu kejadian, kenapa kita masih suka susah untuk mengingat pelajaran ?

Okeh dari sini bisa gue ambil sedikit conclude, bahwasanya lagu bisa dijadikan sebuah representasi kita dalam segala hal. Walaupun tidak semua orang bisa seperti ini hhe J.

Untuk beberapa lagu lainnya, sengaja gue pisah dibeberapa tulisan dikarenakan kalau gue satuin dalam satu tulisan, loading untuk melihatnya jadi lama. Oleh karena itu gue bagi dalam beberapa tulisan berikutnya...
Tetap ditulisan gue yang sederhana ini J
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me on Twitter